10 Aplikasi Cleaner PC Terbaik Untuk Windows

Saat membeli laptop baru dengan sistem operasi Windows 10, 8, maupun Windows 7 kita akan merasakan performanya yang sangat cepat dan ringan. Tapi kemudian perlahan-lahan performanya menurun seiring waktu, semakin lama semakin berat.

Hal ini bisa disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya adalah karena file sampah yang tidak pernah dibersihkan sehingga membuat Windows harus bekerja lebih keras.

File sampah merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk file-file di yang sudah tidak berguna lagi tapi masih tersimpan di dalam sistem, seperti temporary file, cache, thumbnail, registry entry, dan file tidak terpakai lainnya.

File sampah yang menumpuk akan memberatkan sistem dan membuat Windows terasa lelet. Bisa juga membuat hard disk menjadi cepat penuh. Pokoknya file sampah yang tidak rajin dibersihkan bisa menimbulkan masalah untuk Windows kita.

Oleh karena itu pada postingan ini Winpreso akan berikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa membantu Anda untuk membersihkan Windows dari file sampah sampai tuntas ke akar-akarnya.

1. Storage Sense

Fitur bawaan dari Windows 10 ini bisa menjadi alat untuk membersihkan file sampah tanpa harus install aplikasi tambahan. Jika diaktifkan, Storage Sense bisa membersihkan file sampah secara otomatis saat hard disk mulai penuh. Kita bisa mengatur frekuensi dan menentukan berapa besar sisa penyimpanan hingga fitur ini melakukan pembersihan secara otomatis.

Storage Sense juga bisa melakukan scanning hard disk untuk mendeteksi file-file sampah seperti cache dan temporary file seperti aplikasi cleaner pada umumnya. Saat dirasa komputer mulai terasa berat dan kapasitas penyimpanan yang tersisa (terutama pada drive C) tinggal sedikit maka Anda bisa menggunakan fitur ini.

Cara mengaktifkan dan menggunakan Storage Sense:

  1. Buka Settings.
  2. Masuk ke menu System.
  3. Pilih Storage.
  4. Klik pada Configure Storage Sense or run it now.
  5. Centang menjadi On pada bagian Storage Sense.
  6. Pilih jadwal pembersihan otomatis, saya biasanya pilih Every month (sebulan sekali).
  7. Centang pada Delete temporary files, pilih jadwal pembersihannya.
  8. Pada bagian Delete files in My Download folder pilih Never.
aplikasi cleaner windows 10 storage sense

Anda juga bisa melakukan scanning secara manual untuk membersihkan file sampah yang ada di hard disk menggunakan Storage Sense, ini sangat bermanfaat untuk mempercepat Windows 10 secara keseluruhan. Caranya klik tombol Clean now pada menu paling bawah dari Storage Sense.

membersihkan file sampah dengan aplikasi cleaner pc storage sense

Tunggu hingga proses scan selesai, lalu klik lagi tombol Clean now untuk memastikan file sampah sudah dibersihkan hingga tuntas.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan Storage Sense

Kelebihan:

  • Tidak perlu menginstall aplikasi tambahan.
  • Tanpa iklan, tanpa bloatware.
  • Tidak memberatkan sistem saat melakukan scanning.
  • 100% gratis dan bebas malware.
  • Bisa melakukan pembersihan secara otomatis.

Kekurangan:

  • Fitur yang terbatas.
  • Tidak bisa melakukan deep scan.
  • Hanya bisa membersihkan temporary file dan cache.
  • Tidak bisa membersihkan registry.
  • Hanya ada di Windows 10.

2. CCleaner

Aplikasi cleaner terbaik untuk Windows yang kedua adalah CCleaner. Aplikasi ini bisa membersihkan berbagai macam file sampah mulai dari cache, temporary file, thumbnail, registry entry, hingga browser tracker. Versi gratisnya sudah cukup bagus untuk digunakan pada komputer pribadi.

CCleaner juga hadir dengan fitur-fitur yang cukup lengkap untuk melakukan optimasi pada Windows yang kita gunakan. Dengan menggunakan aplikasi ini kita bisa membersihkan hard disk secara menyeluruh, membersihkan file cache dan tracker pada browser, scan registry, hingga uninstall aplikasi sampai bersih.

Fitur Duplicate Finder yang ada pada CCleaner juga bisa mendeteksi file duplikat di komputer dan membersihkannya. Kita juga bisa melakukan scan secara menyeluruh pada komputer untuk membersihkan file-file sampah sisa dari aktivitas Windows Explorer.

Menginstall aplikasi CCleaner mungkin jadi salah satu hal yang harus dilakukan setelah Install Windows 10 karena fungsinya memang cukup penting untuk menjaga sistem tetap bersih dan ringan.

Aplikasi ini bisa diinstall secara gratis, namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap Anda bisa membeli lisensi yang versi pro. Silakan download aplikasi CCleaner dari link berikut ini:

Download CCleaner

Untuk melakukan scan cepat caranya buka aplikasi CCleaner kemudian masuk ke menu Easy Clean > klik Analyze.

aplikasi cleaner terbaik untuk windows 10

Tunggu hingga proses scan selesai, nanti akan terlihat file-file sampah yang terdeteksi dan bisa dibersihkan. Kemudian klik tombol Clean All.

membersihkan file temporary dan cache dengan ccleaner

Untuk membersihkan file sampah pada Windows Explorer caranya masuk ke menu Custom Clean > klik pada tab Windows > centang jenis file sampah yang ingin dibersihkan > klik Analyze.

Untuk membersihkan file sampah dari aplikasi browser, mail client, dan beberapa aplikasi bawaan Windows lainnya bisa dengan masuk ke menu Custom Clean > klik pada tab Applications > centang aplikasi beserta file sampah yang ingin dibersihkan > klik Analyze.

Kelebihan dan kekurangan CCleaner

Kelebihan:

  • Versi gratisnya memiliki fitur yang cukup lengkap.
  • Tampilan user-friendly dan bersih.
  • Bisa scan registry dan file duplikat.
  • Bisa mendeteksi tracker pada browser.
  • Melakukan pembersihan file sampah sampai tuntas.
  • Support di Windows 10, Windows 8, dan Windows 7.

Kekurangan:

  • Jika sembarangan melakukan penghapusan file sampah terutama yang berhubungan dengan sistem bisa menyebabkan Windows jadi error.
  • Tidak bisa scan direktori tertentu pada hard disk.
  • Berusaha meminta user menginstall aplikasi lain saat proses install.

3. Disk Celanup

Disk Cleanup merupakan sebuah fitur cleaner bawaan yang tak kalah bagusnya untuk membersihkan file sampah di Windows. Aplikasi ini cocok sekali digunakan untuk Windows 7 maupun 8 yang tidak memiliki fitur Storage Sense seperti Windows 10.

Meskipun aplikasi Disk Cleanup merupakan aplikasi bawaan yang sudah ada sejak lama, tapi keberadaannya sering sekali tidak dihiraukan. Padahal kalau dari segi fungsi, kemampuan Disk Cleanup sama baiknya dengan aplikasi Cleaner yang ada di luar bahkan yang berbayar sekalipun.

Membersihkan file sampah di Windows menggunakan Disk Cleanup sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketik “disk cleanup” (tanpa tanda kutip) pada search bar > pilih aplikasi Disk Cleanup.
    aplikasi disk cleanup pembersih pc windows 10
  2. Pilih drive yang mau dibersihkan, misal ingin membersihkan drive C maka pilih (C:).
    aplikasi cleaner pc bawaan windows 10
  3. Centang file sampah yang ingin dibersihkan > klik Clean up system files > OK
    cara menggunakan disk cleaner windows 10

Kelebihan dan kekurangan menggunakan Disk Cleanup sebagai aplikasi cleaner di Windows

Kelebihan:

  • Tidak perlu install aplikasi tambahan.
  • Tanpa iklan, tanpa bayar.
  • Mampu membersihkan file sampah seperti cache, temp files, internet files thumbnail, dan file tidak berguna lain sampai bersih.
  • Bisa membersihkan data dari installan Windows lama atau setelah update untuk menciptakan ruang penyimpanan baru.

Kekurangan:

  • Tampilan terlihat jadul
  • Fitur tidak selengkap aplikasi cleaner pihak ketiga

4. AVG PC TuneUP

aplikasi cleaner windows avg pc tuneup

AVG PC TuneUp merupakan aplikasi cleaner yang sangat powerful untuk membersihkan file sampah dan membuat sistem tetap sehat. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur untuk membersihkan drive, tapi juga mengoptimalkan performa Windows, menutup celah keamanan, hingga menghemat penggunaan daya baterai pada laptop.

Salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini adalah Sleep Mode yang berfungsi untuk menonaktifkan sementara program-program yang tidak diperlukan, dan akan mengaktifkanya kembali ketika kita membutuhkannya. Hal ini akan sangat berdampak pada performa Windows yang menjadi lebih ringan dan hemat energi.

Untuk urusan bersih-bersih, AVG PC TuneUp bisa dipakai untuk membersihkan file sampah berupa cache, temporary file, thumbnail, file duplikat, hingga membersihkan regsitry entry. Kita juga bisa memanfaatkan fitur Scheduled & automatic routine maintenance untuk melakukan perawatan pada komputer secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah kita tentukan.

Fitur-fitur AVG PC TuneUP:

  • Melakukan scan dan pembersihan file sampah secara otomatis.
  • Menjalankan disk defragmenting.
  • Scanning system registry.
  • Mengidentifikasi program yang memperlambat starup dan mematikannya.
  • Menyeimbangkan antara performa dan penggunaan energi untuk menghembat baterai.
  • Mematikan program-program yang menguras baterai.
  • Membersihkan semua file sampah yang memberatkan Windows.
  • Membersihkan file duplikat.

Kelebihan dan kekurangan AVG PC TuneUP

Kelebihan:

  • Tampilan sederhana dan mudah digunakan.
  • Memiliki fitur maintain otomatis.
  • Support di berbagai perangkat (Windows, MacOS, Android).

Kekurangan:

  • Menyisipkan aplikasi yang tidak diinginkan.
  • Nofitikasi terlalu sering muncul. – Promosi terlalu berlebihan.

Download AVG PC TuneUP

5. Ashampoo WinOptimizer

Aplikasi PC Cleaner Ashampoo Winoptimizer

Ashampoo WinOptimizer merupakan salah satu aplikasi pembersih file sampah di Windows yang cukup powerful. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan file sampah yang ada di sistem Windows dan menjaga kinerjanya agar tetap optimal.

Salah satu fitur yang saya suka adalah 1-click optimization yang bisa melakukan beberapa fungsi sekaligus, mulai dari melakukan scanning dan membersihkan komputer secara tuntas, membersihkan file cache dan sisa-sisa browser, scan registry entry, dan memberi ruang baru pada space hard disk.

Ashampoo WinOptimizer juga punya fitur keamanan yang berguna untuk mendeteksi file yang kita download ke komputer, melakukan scanning, dan apabila file tersebut mengandung kode berbahaya (virus, malware, spyware) maka akan terdeteksi dan kita dengan mudah bisa menghapusnya. Anda bisa mencoba yang versi Free terlebih dahulu, bila ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka bisa membeli yang versi Pro.

Fitur-fitur Ashampoo WinOptimizer:

  • Melakukan maintain dan optimasi komputer.
  • Membersihkan file sampah.
  • Mempercepat kinerja Windows.
  • Membersihkan registry.
  • Membuat backup.

Kelebihan dan kekurangan Ashampoo WinOptimizer

Kelebihan:

  • Powerful dan mudah digunakan.
  • Memiliki fitur 1-click optimization (versi pro).
  • Membersihkan file sampah hingga tuntas.
  • Bisa digunakan untuk memperbaiki masalah startup.

Kekurangan:

  • Tidak ada custom install.
  • Bisa menghapus System Restore Point (bila tidak hati-hati).
  • Menyisipkan shortcut link komersial di desktop.

Download Ashampoo WinOptimizer Free

6. Razer Cortex

Aplikasi PC cleaner dan booster Razer Cortex

Rekomendasi aplikasi PC cleaner untuk Windows yang selanjutnya adalah Razer Cortex. Aplikasi ini sangat populer di kalangan para gamer karena biasa digunakan untuk booster – membersihkan memori dari program-program yang tidak diperlukan saat bermain game. Saya juga adalah pengguna aplikasi ini, terutama saat akan bermain game-game berat.

Razer Cortex juga memiliki fitur untuk membersihkan file sampah dan mengoptimalkan performa PC agar tetap ringan dan cepat. Tampilan aplikasinya juga sangat mudah digunakan. Fitur 1-click booster dari Razer Cortex juga cukup berguna untuk melakukan semua pekerjaan hanya dengan sekali klik.

Khusus untuk para gamer, Razer Cortex library untuk menyimpan preferensi daftar game yang pernah kita mainkan. Di sana juga terdapat keterangan kapan terakhir kali game tersebut dimainkan dan berapa lama durasi total kita memainkannya. Ketika ingin bermain game tertentu kita tinggal jalankan lewat dashboard agar Razer Cortex melakukan optimasi secara otomatis.

Fitur-fitur Razer Cortex:

  • System booster dan Game booster.
  • Membersihkan file sampah.
  • Membersihkan memori.
  • Melakukan optimasi PC dalam sekali klik.
  • Menampilkan FPS counter.
  • Defrag game.
  • Game library.

Kelebihan dan kekurangan Razer Cortex

Kelebihan:

  • Gratis.
  • Tampilan UI mudah dipahami.
  • Memiliki fitur 1-clik booster.
  • Cukup bagus untuk meningkatkan performa PC saat main game.

Kekurangan:

  • Membutuhkan .NET Framework.
  • Kadang kita harus login berulang-ulang, terutama kalau aplikasi Razer Cortex jarang dibuka.

Download Razer Cortex

7. Total PC Cleaner

Aplikasi Total PC Cleaner

Total PC Cleaner merupakan aplikasi pembersih file sampah yang tersedia di Microsoft Store. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membersihkan mengoptimasi penggunaan memory dan menjaga Windows 10 tetap ringan.

Tampilannya yang simpel membuat aplikasi ini sanga mudah digunakan, jendela utamanya hanya terdiri dari satu halaman untuk melakukan scanning. Cara menggunakannya kita tinggal memilih jenis file sampah apa saja yang ingin dibersihkan kemudian menekan tombol Scan.

Kelebihan dan kekurangan Total PC Cleaner

Kelebihan:

  • 100% gratis.
  • Tanpa iklan.
  • Ringan.
  • Dapat berjalan dengan lancar pada spesifikasi rendah.
  • Tampilan sederhana dan mudah digunakan.

Kekurangan:

  • Fitur kurang lengkap.
  • Hanya bisa digunakan untuk membersihkan drive C.
  • Tidak bisa melakukan scan pada direktori tertentu.

Download Total PC Cleaner

8. Advanced System Optimizer

Aplikasi cleaner PC windows 10 terbaik

Aplikasi cleaner terbaik untuk Windows 10 yang selanjutnya adalah Advanced System Optimizer. Dengan fiturnya yang sangat lengkap, aplikasi ini cukup untuk membuat komputer tetap sehat. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membersihkan file sampah seperti log, cache, browser traces, dan junk files lainnya. Selain itu aplikasi ini juga bisa berfungsi sebagai system booster dan antimalware.

Meskipun ada banyak sekali fitur dan tools pada aplikasi Advanced System Optimizer, tapi menggunakan aplikasi ini tetap sangat mudah. Tata letak navigasinya sangat user-friendly dan tampilannya juga bersih. Tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakannya, sekali melihat saja pasti sudah mengerti apa saja fungsi-fungsi yang ada pada aplikasi ini.

Fitur-fitur Advanced System Optimizer:

  • Membersihkan semua jenis file sampah di Windows 10, 8, dan 7.
  • Membersihkan system registry.
  • Optimasi hard disk.
  • Game Booster untuk mengurangi lag.
  • Driver Updater untuk memperbarui driver yang sudah usang.
  • Melindungi sistem dari malware, trojans, spyware, adware dan program merugikan lainnya.
  • Backup manager untuk memulihkan data yang tidak sengaja dihapus.
  • Duplicate Remover untuk menyingkirkan berkas duplikat yang tidak diinginkan.
  • Secure Delete untuk menghapus file atau folder secara permanen sehingga tidak dapat dikembalikan oleh aplikasi recovery manapun.

Kelebihan dan kekurangan Advanced System Optimizer

Kelebihan:

  • Fitur lengkap.
  • Bisa berfungsi sebagai anti malware.
  • Punya fitur backup.
  • Bisa melakukan deep scan.

Kekurangan:

  • Sering melakukan false positive (mendeteksi yang bukan malware sebagai malware).
  • Fitur backup sangat terbatas.
  • Harus membeli versi pro untuk mendapatkan semua fitur.

Download Advanced System Optimizer

9. Avast Cleanup

Aplikasi Avast Cleanup premium

Avast Cleanup adalah aplikasi cleaner PC yang dikembangkan oleh perusahaan antivirus ternama, Avast Antivirus. Anda mungkin sudah pernah mendengar namanya atau bahkan menggunakannya. Aplikasi ini juga cukup powerful untuk menjaga sistem tetap bersih dan ringan.

Avast Cleanup bisa melakukan deep scan untuk mendeteksi file-file yang tidak berguna lagi di sistem Windows lalu membersihkannya, hal ini akan memberikan ruang baru di hard disk untuk keperluan lain yang lebih penting.

Karena dikembangkan oleh develeper antivirus yang sudah cukup berpengalaman di bidangnya, Avast Cleanup juga menawarkan fitur yang bisa mendeteksi bloatware dan aplikasi tidak bermanfaat lain yang sering memberatkan kerja komputer.

Fitur-fitur Avast Cleanup

  • PC cleaner
  • Disk wiper
  • Registry cleaner
  • Bloatware remover

Kelebihan dan kekurangan Avast Cleanup

Kelebihan:

  • Tampilan UI bagus, navigasi rapi, dan mudah digunakan.
  • Bisa mendeteksi file sampah dari berbagai aplikasi yang terinstall di Windows.
  • Bisa mencegah aplikasi yang tidak dibutuhkan mengonsumsi terlalu banyak resource.
  • Bisa mendeteksi bloatware.
  • Fitur PC cleaner yang sangat lengkap.
  • Support untuk Windows 7, 8, dan 10.

Kekurangan: tidak ada versi gratisnya.

Download Avast Cleanup

10. Advanced SystemCare Free

Advanced System Care

Aplikasi pembersih file sampah terbaik untuk Windows yang terakhir adalah Advanced SystemCare. Aplikasi ini kembangkan oleh IObit, sebuah perusahaan teknologi yang fokus mengembangkan aplikasi-aplikasi Windows utility.

Advanced SystemCare adalah salah satu aplikasi cleaner gratis yang bisa Anda pakai untuk menjaga sistem Windows tetap bersih dan ringan. Fitur-fiturnya cukup lengkap untuk ukuran aplikasi yang tidak memungut biaya sama sekali. Kita bisa membersihkan berbagai junk file yang sering ditemukan di sistem operasi Windows, membersihkan system registry, hingga mendeteksi dan menghapus spyware.

Aplikasi ini juga bisa mendeteksi apabila ada kesalahan pada sistem Windows 10 dan berusaha memperbaikinya. Dengan menggunakan aplikasi ini saja kita sudah bisa melakukan banyak tugas mulai dari mengoptimasi sistem, membersihkan drive, dan mencegah masuknya aplikasi spyware yang merugikan.

Fitur-fitur Advanced SystemCare

  • Startup Optimization.
  • PC Cleaner.
  • Registry Cleaner.
  • Spyware Removal.
  • Vulnerability Fix.
  • System Optimization.
  • Disk Optimization.

Kelebihan dan kekurangan Advanced SystemCare

Kelebihan:

  • Bisa digunakan secara gratis.
  • Fitur-fitur cleaner yang lengkap.
  • Tamplian UI bersih dan mudah digunakan.
  • Bisa menampilkan widget penggunaan RAM dan CPU.

Kekurangan: berusaha menginstall aplikasi lain saat proses instalasi.

Download Advanced SystemCare

Itulah daftar 10 aplikasi cleaner PC terbaik untuk Windows rekomendasi dari kami. Silakan dicoba mana yang paling cocok dengan preferensi Anda. Semoga bermanfaat!

1 thought on “10 Aplikasi Cleaner PC Terbaik Untuk Windows”

  1. Excellence project, Winpreso
    Pertahankan & kembangkan terus artikel² yg bermanfaat terkait Windows knowledge.
    I Will always follow u.

    #BerilmuBermanfaatBeramal
    #IndahnyaBerbagi

    Reply

Leave a Comment