5+ Aplikasi Chatting Offline di HP Android & iOS (Tanpa Internet)

Aplikasi ini dikenal juga dengan aplikasi chatting offline, yang memungkinka Anda bisa chat dengan teman tanpa koneksi internet. Aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS.

Aplikasi chatting offline ini memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pengguna lain dalam jarak 100-200 meter, tergantung dari kekuatan sinyal dan model perangkat yang digunakan.

Bagaimana aplikasi chatting offline bekerja?

Berbeda dengan layanan messenger seperti WhatsApp, Signal, atau BIP yang menggunakan server terpusat, aplikasi chat offline tidak memiliki server.

Pesan yang dikirimkan dari smartphone Anda langsung menuju ke penerima secara peer to peer (P2P) tanpa melewati server. Metode seperti ini dikenal juga dengan nama Mesh Network chat.

Kapan aplikasi chat offline berguna?

Aplikasi chatting tanpa koneksi internet ini akan berguna saat kondisi darurat ketika sinyal internet tidak ada, misalnya:

  1. Pada saat sedang berada di pedalaman ketika tidak ada sinyal internet, Anda dan teman bisa tetap berkomunikasi dengan aplikasi ini.
  2. Saat sedang tracking di hutan atau naik gunung.
  3. Saat terjadi bencana alam yang menyebabkan semua jaringan internet mati.
  4. Saat kuota di hp sudah habis tapi ingin tetap bisa chattingan.
  5. Saat sedang demo dan semua sinyal seluler dimatikan.
  6. Untuk sekadar bersenang-senang

.. dan masih banyak lagi.

Rekomendasi aplikasi chatting offline di Android dan iOS

1. FireChat

firechat

Download for Android

FireChat memperkenalkan cara baru untuk chatting secara offline. Sekarang Anda dapat chatting dengan orang – orang di sekitar Anda bahkan jika tidak ada koneksi Internet atau sinyal telepon seluler.

Aplikasi ini akan berguna ketika Anda berada di pantai atau di kereta bawah tanah, pada pertandingan besar atau bazar, berkemah di alam liar atau di konser, atau bahkan bepergian daerah pedalaman ketika sinyal sulit ditemukan.

FireChat memungkinkan terjadinya jenis baru dari komunikasi yang disebut dengan “firechats”. Di mana Anda bisa membuat kelompok diskusi yang aktif dan ANONIM hingga sebanyak 10.000 orang secara bersamaan. Anda dapat membuat sendiri firechats tentang apa pun yang menarik bagi anda mulai dari hobi, diskusi tentang film, bisnis, dan masih banyak lagi.

Fitur:

  • Mengirim pesan kepada siapa saja yang ada di sekitar
  • Bisa chat tanpa sinyal dan koneksi internet sama sekali
  • Mode Nearby untuk menemukan pengguna lain yang berada pada range 200 meter
  • Melihat apa yang dibicarakan orang-orang pada mode Everyone
  • Membuat group chat sendiri (firechats) tentang topik yang disukai
  • Membuat username dan avatar sendiri
  • Aplikasi yang cukup ringan dan tidak memakan banyak daya baterai

2. Vojer

vojer offline chat

Download for iOS

Vojer membuat Anda tetap terhubung ke teman yang ada di dekat Anda tanpa perlu sinyal 3G / 4G atau Wi-Fi. Vojer mengirimkan pesan dari ponselmu langsung ke ponsel orang lain.

Tak ada server yang akan merekam setiap percakapan yang terjadi, website, atau pihak lainnya sehingga percakapan Anda akan tetap privat.

Vojer tidak mengakses kontak anda atau meminta izin ekstra kecuali yang diperlukan untuk mengoperasikan WiFi, Bluetooth, Mikrofon, dan foto jika Anda memilih untuk berbagi foto.

Fitur:

  • Chatting offline di hp android dan iPhone
  • Mengirim pesan teks dan gambar
  • Mengirim pesan suara
  • Semua pesan yang dikirim dalam keadaan terenkripsi

3. The Serval Mesh

serval mesh

Download for Android

Aplikasi chat offline ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah membuat panggilan telepon pribadi, mengirim pesan teks yang aman, dan berbagi file di tempat-tempat yang tidak ada sinyal. The Serval Mesh bisa bekerja dalam keadaan tiak ada sinyal sama sekali.

Anda juga dapat terus menggunakan nomor telepon yang Anda miliki. Aplikasi ini benar-benar sangat berguna dalam keadaan ketika terjadi bencana, di mana pada saat itu orang-orang mencoba untuk bisa berkomunikasi dengan satu sama lain.

4. Signal Offline Messenger

signal offline messenger

Download for Android

Signal Offline Messenger adalah aplikasi pesan singkat yang bisa digunakan tanpa sinyal seluler maupun koneksi internet. Signal memungkinkan Anda untuk berkomunikasi tanpa internet atau jaringan lokal dalam jangkauan hingga 100 meter.

Chatting bisa dilakukan secara personal atau dalam kelompok (group chat). Pesan yang dikirim melalui aplikasi ini dikirim dengan cara yang aman. Signal memungkinkan Anda untuk mengirim audio, pesan teks, foto, dan pesan video kepada pengguna di sekitar Anda tanpa menggunakan kuota internet.

Fitur:

  • Mengirim pesan teks, suara, dan foto pada siapa saja yang berada di sekitar Anda
  • Mengirim pesan personal atau ke group
  • Bisa digunakan tanpa internet dan tanpa sinyal seluler sama sekali
  • Mengirim file berupa foto, video, dan dokumen
  • Jalur komunikasi yang aman

5. Bridgefy

bridgefy

Download: Android | iOS

Bridgefy adalah aplikasi perpesanan offline yang memungkinkan Anda berkomunikasi dengan teman dan keluarga ketika Anda tidak memiliki akses ke internet. Anda bisa chatting dengan hanya menyalakan antena Bluetooth di HP Anda.

Aplikasi ini akan berguna ketika sedang berada di tempat-tempat keramaian seperti mall, stadion olahraga, atau sedang bepergian ke pedesaan di mana tidak ada sinyal di sana. Aplikasi ini juga bisa berguna ketika sedang terjadi bencana alam yang menyebabkan semua jaringan tidak berfungsi.

3 cara kerja Bridge:

  1. Person to Person Mode – Aktifkan antena Bluetooth Anda dan chatting pribadi dengan teman-teman yang berada dalam jarak 100 meter dari Anda.
  2. Mesh Mode – Chat dengan orang lebih dari 100 meter dari Anda dengan menggunakan pengguna lain yang ditemukan di tengah sebagai penghubung. Contoh: orang 1 dapat berbicara dengan orang 3 jika ada orang 2 di tengah, membuat kemungkinan jarak 660 kaki (200 meter). Hal yang sama berlaku untuk jumlah tak terbatas. Jangan khawatir, pesan Anda aman dan tidak dapat dibaca oleh orang-orang di tengah.
  3. Broadcast Mode – Masuk ke bagian broadcast dan kirim pesan ke setiap pengguna di sekitar Anda pada saat yang sama, bahkan jika Anda tidak memiliki mereka di daftar kontak Anda.

6. ZombieChat

zombiechat

Aplikasi ZombieChat adalah alat komunikasi untuk bersama teman ketika terjadi bencana alam yang menyebabkan seluruh sinyal mati. Ketika dunia menjadi gelap dan menara seluler berhenti bekerja, ZombieChat aka tetap hidup.

Mengirim dan menerima teks dan pesan gambar kepada orang-orang di sekitar Anda pada perangkat iPhone dan iPod Touch. Aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna iOS.

ZombieChat bekerja dengan membuat jaringan peer to peer dengan perangkat terdekat menggunakan Bluetooth, WiFi dan infrastruktur WiFi. Tidak perlu mendaftar atau membuat akun untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

7. Briar

briar

Download for Android

Briar adalah aplikasi chatting yang dirancang untuk aktivis, jurnalis, dan orang lain yang membutuhkan alat komunikasi yang mudah digunakan dan aman.

Tidak seperti aplikasi tradisional lain seperti email, Twitter atau Telegram, Briar tidak bergantung pada server terpusat, pesan yang dikirim dan diterima diselaraskan langsung antara perangkat pengguna.

Jika Internet mati, Briar dapat melakukan sinkronisasi melalui Bluetooth atau Wi-Fi, menjaga informasi tetap mengalir dalam keadaan krisis. Jika Internet aktif, Briar dapat melakukan penyelarasan melalui jaringan Tor, melindungi pengguna dan hubungan mereka dari pengawasan sehingga jalur komunikasi tetap aman.

Leave a Comment