5+ Aplikasi Chat Selain WhatsApp dan Telegram Yang Bagus dan Aman

WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi chatting yang paling populer saat ini. WhatsApp telah digunakan lebih dari 2 miliar pengguna pada tahun 2022 dengan lebih dari 60 miliar pesan dikirim per hari.

WhatsApp dan Telegram memungkinkan Anda untuk mengirim pesan teks, gambar, dan berkas video, membuat panggilan suara dan video gratis, juga mengirim pesan suara. Anda dapat menggunakannya pada smartphone atau desktop. Berkat fitur multi-platform, semua data Anda akan tersedia di Semua perangkat.

Namun, WhatsApp memiliki beberapa masalah privasi yang cukup signifikan di masa lalu, hal ini membuat banyak pengguna merasa tidak nyaman. Jika Anda sedang mencari aplikasi chatting alternatif WhatsApp dan Telegram, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang bagus.

1. Signal Private Messenger

Signal

Download: Android | iOS

Signal adalah aplikasi chat alternatif WhatsApp dan Telegram yang patut Anda coba. Aplikasi ini diklaim sebagai aplikasi pesan singkat dengan fitur kemanan dan privasi yang paling bagus. Bahkan kabarnya aplikasi ini tidak bisa disadap.

Setiap pesan yang dikirim melalui aplikasi ini akan dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh penerima pesan. Selain itu Signal juga menggunakan jenis enkripsi open source sehingga memungkinkan para ahli melakukan testing untuk menemukan celah dan bug.

Signal bisa digunakan pada perangkat Android dan iPhone, untuk mendaftar akun baru Anda memerlukan sebuah nomor telepon yang aktif. Salah satu fitur yang cukup menarik dari Signal adalah bisa mengirim SMS gratis kepada kontak yang belum memiliki aplikasi ini.

2. BIP Mesengger

BIP

Download: Android | iOS

Aplikasi chat alternatif selain WhatsApp dan Telegram yang selanjutnya adalah BIP Messenger. BIP Messenger mengalami peningkatan jumlah pengguna yang sangat pesat sejak adanya pembaruan kebijakan privasi oleh WhatsApp.

BIP Messenger adalah aplikasi pesan singkat gratis yang dikembangkan oleh Turkcell untuk perangkat smartphone dan tablet. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat berupa text, pesan suara, foto, video, melakukan panggilan suara dan video call. Saat ini BIP sudah tersedia di Play Store, App Store, dan Huawei AppGallery.

Fitur-fitur yang unik dari aplikasi ini membuatnya patut dicoba. Bagi Anda yang memiliki dua nomor dalam satu smartphone maka tidak perlu melakukan cloning aplikasi karena BIP memang mendukung penggunaan dua nomor sekaligus. BIP juga punya fitur game-game ringan di dalam aplikasinya yang bisa Anda mainkan.

3. Element Secure Messenger

Element

Download: Android | iOS

Elemen menggunakan matriks sebagai backend, dan merupakan aplikasi chatting yang sangat baik bagi mereka yang suka open source dan end to end encryption.

Semua program pada aplikasi Element ini mulai dari protokol chatting, dan perangkat lunak konferensi video, dan bagian lainnya semuanya menggunakan opensource, yang merupakan bagian penting dari mengapa elemen begitu menghormati privasi Anda.

Dalam komunitas open source, orang secara umum sangat sadar akan privasi mereka, dan mereka akan melihat dalam kode sumber untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang mereka gunakan aman tanpa memberikan data mereka kepada perusahaan.

4. Wire

Wire

Download: Android | iOS

Dilindungi oleh hukum Retensi data Eropa, Wire adalah aplikasi chat yang aman sebagai alternatif WhatsApp dan Telegram. Aplikasi ini juga menggunakan teknologi enkripsi end to end. Wire menawarkan rekening pribadi gratis dan Anda bisa membayar versi bisnis untuk mendapatkan dukungan penuh dan tambahan fitur.

Wire bisa melakukan panggilan suara dan video call dengan kualiats yang sangat jernih. Wire juga mendukung berbagi berkas multimedia dan penyaringan audio. Anda dapat memformat teks dengan huruf tebal dan miring, dan membuat daftar dalam percakapan. Anda juga akan dapat mengoptimasi Ukuran Berkas Untuk Berbagi berkas dengan lebih mudah, dan mengatur waktu untuk menghapus pesan secara otomatis untuk privasi tambahan.

5. Wickr Me

Wickr Me

Download: Android | iOS

Aplikasi chat alterntif WhatsApp dan Telegram yang berikutnya adalh Wikr Me. Mungkin aplikasi ini merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang berorientasi pada privasi. Wickr pada umumnya digunakan oleh wartawan, pemimpin dunia, dan orang-orang yang ingin menjaga privasi data-data pribadi dan bisnis mereka.

Seperti Element, Wickr tidak membutuhkan nomor telepon untuk log in dan berisi fitur-fitur yang sangat esensial. Tidak ada segala macam fitur-fitur untuk bermain-main seperti stiker dan emoji. Aplikasi ini memang digunakan untuk orang-orang yang serius dan para profesional.

Wickr tidak menyimpan kontak Anda di server, tak menyimpan metadata, dan menghapus pesan secara permanen dari telepon Anda ketika anda memintanya. Inilah yang membuat Wickr cukup bagus untuk Anda gunakan.

6. Threema

Threema

Download: Android | iOS

Threema sudah menjanjikan ‘privasi’. Daftar kontak Anda dan informasi grup disimpan hanya pada ponsel Anda, tidak dalam aplikasi. Pesan dihapus segera setelah dikirimkan. Selain itu, Anda dapat terhubung ke orang-orang menggunakan id 8-digit Thredema, bukan nomor telepon, sehingga lebih bagus untuk melindungi privasi Anda. Anda juga dapat memverifikasi kontak dengan kode unik QR.

Threema menyediakan enkripsi end to end untuk semua jenis pesan, termasuk teks, panggilan suara, berbagi file, dan percakapan di grup. Bahkan Anda bisa mengatur pesan status sehingga tidak ada yang dapat terlacak dari apa yang Anda posting. Pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima yang saja.

Anda dapat secara aman menggunakan Setiap fiturnya. Seperti WhatsApp, aplikasi ini menawarkan untuk mengirim lokasi dan berkas. Tidak seperti WhatsApp, pengguna dapat membuat polling dan meninggalkannya sebagai umpan balik pada pesan individu. Anda bahkan bisa menyembunyikan percakapan dan password khusus untuk melindungi data-data Anda. Threema berbasis di Swiss dan sangat dikenal sebagai salah satu perusahaan teknologi pendukung hak privasi.

Itulah beberapa aplikasi chat alternatif selain WhatsApp dan Telegram, selamat mencoba.

Leave a Comment