7+ Aplikasi Android untuk Memperbaiki Foto Lama Jadi Baru

Tidak sengaja menemukan foto-foto lama yang penuh kenangan? Anda pasti ingin menyimpannya di smartphone, namun sayangnya kondisi foto sudah buram dan jelek, bagaimana agar bisa menjadi seperti baru kembali? Nah Anda bisa menggunakan aplikasi android untuk memperbaikinya.

Anda bisa scan foto lama tersebut atau difoto ulang kemudian gunakan aplikasi berbasis AI untuk membuatnya menjadi lebih jernih, menghidupkan warnanya, dan menghilangkan bagian yang buram.

Berikut ini adalah beberapa aplikasi Android yang bisa Anda coba untuk memperbaiki foto lama agar menjadi baru, HD, jernih, dan tidak buram.

1. EnhanceFox – AI Photo Enhancer

EnhanceFox – AI Photo Enhancer

Aplikasi EnhanceFox – AI Photo Enhancer memanfaatkan teknologi deep learning untuk memperbaiki foto lama dengan cara memperbesar resolusi gambarnya, menghilangkan kerusakan yang muncul akibat kekurangan cahaya atau noise, dan menyesuaikan warna dan kontrasnya.

Cara menggunakannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengambil foto dengan kamera atau melakukan capture dari galeri foto, lalu aplikasi ini secara otomatis menganalisis dan memberikan efek yang diinginkan.

Aplikasi ini mampu meningkatkan resolusi foto, menghilangkan noise, menjernihkan foto lama yang buram, dan meningkatkan warna foto dengan hasil yang sangat bagus. Di dalam aplikasi juga tersedia fitur editor yang lengkap. Dengan begitu, kamu dapat melakukan editing lebih lanjut. Terdapat juga filter yang bisa kamu gunakan untuk memberikan sentuhan tambahan pada foto yang diedit.

2. Remini

Remini

Remini adalah aplikasi yang menawarkan solusi untuk memperbaiki kualitas foto lama dengan cara meningkatkan resolusi. Aplikasi ini dikembangkan oleh Remini Technologies Inc., sebuah perusahaan AI (Artificial Intelligence) yang berbasis di Beijing, China.

Selain meningkatkan resolusi, aplikasi ini juga bisa memperbaiki foto lama yang buram dan menghilangkan noise. Remini secara otomatis mendeteksi kualitas awal dari foto dan kemudian mencoba memperbaiki masalah tersebut. Kami menguji aplikasi ini dengan tiga gambar yang berbeda dan hasilnya cukup mengesankan.

Aplikasi Remini mampu membuat perbaikan pada foto lama yang diedit manual oleh para penggunanya. Dengan aplikasi ini, Anda dapat membuat semua foto lama Anda menjadi HD. Fokus utama aplikasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan memberikan tampilan jernih pada foto lama Anda. Aplikasi Remini dapat diunduh di Google Play Store, dan Anda dapat menggunakannya secara gratis.

3. Photo Scan App by Photomyne

Photo Scan App by Photomyne

Photo Scan App by Photomyne adalah salah satu aplikasi android yang dapat digunakan untuk memperbaiki foto lama yang blur. Tidak jarang kita menyimpan foto-foto cetak di laci atau di dalam album. Namun, foto-foto tersebut jarang sekali di perhatikan dan tidak pernah diambil kembali, baik untuk ditampilkan ataupun untuk sekedar dilihat. Hal ini tentu saja berakibat pada penurunan kualitas gambar yang akan sangat sulit untuk dipulihkan kembali.

Dengan menggunakan aplikasi Photo Scan App by Photomyne, Anda dapat mengubahnya menjadi foto digital dan melakukan perbaikan sehingga foto lama tersebut bisa terlihat seperti baru lagi.

Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sederhana, seperti mengambil gambar dari foto lama dan menyesuaikan posisinya dengan kotak-kotak kuning yang muncul pada layar smartphone Android Anda. Dan pada akhirnya, Photo Scan App by Photomyne akan membuat semuanya bagus dan bisa digunakan untuk berbagi melalui media sosial.

4. Damaged Photo Restore 2 Repair

Damaged Photo Restore 2 Repair

Damaged Photo Restore 2 merupakan aplikasi android yang mampu memperbaiki foto lama menjadi baru kembali. Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk memperbaiki foto lama hasil scan sehingga tampilannya lebih jelas dan bagus.

Damaged Photo Restore 2 dapat memperbaiki foto lama yang rusak akibat jamur, kerusakan kertas, kerusakan warna dan banyak kerusakan lainnya. Fungsi utamanya adalah untuk mengembalikan gambar asli dengan cara merubah skala warna dan mengubah eksposur warna jika kita ingin menggambarkan ulang.

Anda dapat menggunakan salah satu dari tiga mode untuk memperbaiki gambar. Jika Anda ingin memperbaiki semua cacat, gunakan mode perbaikan otomatis. Jika ada bagian tertentu dari gambar yang ingin Anda perbaiki, gunakan mode manual. Dan jika Anda hanya ingin meningkatkan kualitas gambar, gunakan mode penyempurnaan.

5. AI Colorize/Old Photo Restore

Aplikasi AI Colorize/Old Photo Restore aplikasi penjernih foto lama, menggunakan AI sebagai alat untuk menghasilkan warna yang lebih realistis.

Biasanya, foto-foto lama berwarna hitam putih atau foto tersebut sudah mulai kabur dan menjadi kusam. Aplikasi ini dilengkapi dengan pemrosesan AI dan teknologi deep learning untuk menjadikan foto lama yang gelap dan buram menjadi cerah dan berkontras.

Aplikasi ini juga memiliki fitur editing foto secara manual seperti memperbaiki kerapatan gambar, mengatur kontras warna, crop, rotate, dan fitur editing standar lainnya. Anda bisa memilih untuk memperbaiki foto secara otomatis atau manual sesuai kebutuhan.

6. Pikfix – Photo Enhance & Repair

Aplikasi ini berfungsi untuk memperbaiki foto-foto lama yang kualitasnya rendah. Pikfix – Photo Enhance & Repair akan meng-HD-kan foto lama Anda dengan sekali sentuhan.

Ini adalah salah satu aplikasi yang kami rekomendasikan. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan seperti edit foto, HD-kan foto, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mengubah foto lama menjadi foto baru dengan hasil yang memuaskan. Cukup dengan beberapa sentuhan Anda dapat melihat perbedaan sebelum dan sesudahnya. Yang terbaik di dalam aplikasi ini adalah semua proses editing tidak akan merusak resolusi asli dari gambar.

7. Colorize – Color to Old Photos

Colorize – Color to Old Photos memungkinkan kamu memperbaiki foto lama hitam putih jadi berwarna. Aplikasi ini mengandalkan teknologi AI yang bisa menghitung warna secara otomatis. Tidak hanya itu kita juga bisa mengganti warna sesuai keinginan kita sendiri, dengan menerapkan beberapa efek yang ada di aplikasi tersebut.

Colorize – Color to Old Photos mendeteksi secara otomatis objek di gambar dan mengisi mereka dengan warna-warna yang cocok, sehingga Anda tidak harus melakukannya sendiri. Menjadikan foto lama kembali berwarna dengan aplikasi ini sangat mudah, cukup upload foto atau pilih dari galeri, jika Anda ingin ada penyesuaian Anda dapat melakukannya sendiri dengan melakukan beberapa langkah saja.

Aplikasi ini dapat berkerja dengan baik pada ponsel Android dan tablet. Anda bisa mendownloadnya secara gratis melalui Play Store.

7. AI Colorize & Restore Old Photo: Fix Damaged Image

AI Colorize & Restore Old Photo: Fix Damaged Image adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk memperbaiki foto lama yang rusak. Aplikasi tersebut juga dapat memperbaiki warna dari foto lama yang sudah pudar.

Aplikasi AI Colorize & Restore Old Photo: Fix Damaged Image ini hadir dengan berbagai macam fitur yang bisa mengubah foto lama yang rusak menjadi tampak lebih bagus. Dengan aplikasi ini kamu bisa melihat hasil lebih realistis dan juga mendapatkan warna yang tepat untuk memperbaiki foto lama yang rusak.

Selain itu, aplikasi AI Colorize & Restore Old Photo: Fix Damaged Image ini juga memiliki banyak fitur keren selain colorize dan restore. Di antaranya adalah auto fill color, HDR filter, filters and effects, cut out background, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini menggunakan teknologi AI dan komputer vision untuk memperbaiki foto yang rusak, membuatnya kembali seperti baru. Aplikasi ini terutama berguna jika Anda punya beberapa foto lama yang membutuhkan sedikit pembaruan, atau jika Anda melihat foto di internet yang kurang detail atau agak rusak. Dengan AI Colorize & Restore Old Photo: Fix Damaged Image, Anda bisa memperbaiki foto lama dan menghidupkannya kembali dengan menyamarkan noise dan kerusakan pada gambar.

Leave a Comment