7 Aplikasi Android untuk Membuka File BIN

Pada dasarnya, BIN adalah sebuah file binary yang berisi data yang digunakan oleh sebuah program untuk menjalankan fungsinya. Data tersebut dapat berupa kode pemrograman (assembly), resource, atau pun data lainnya.

Jika Anda pernah menyalin file ke kartu SD, Anda mungkin telah melihat beberapa file yang tidak biasa. Mereka adalah file bin yang muncul di dalam folder Android yang memiliki ekstensi .bin. Ini adalah file secara default yang disimpan ketika pengguna melakukan backup pada sistem operasi Android. Namun, mereka juga dapat menjadi salah satu aset penting untuk pengembang aplikasi Android.

File dengan ekstensi BIN ini biasanya digunakan oleh perangkat Android khususnya hardware sebagai program utama yang akan dieksekusi saat perangkat dihidupkan (boot). Biasanya file ini berada di direktori /system/bin atau /system/xbin di mana sistem operasi Android sendiri berada.

1. B1 Free Archiver

B1 Free Archiver

Membuka file bin di android saat ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi B1 Free Archiver yang bisa di-download di Playstore.

Aplikasi B1 Free Archiver memiliki keunggulan yaitu ukurannya yang ringan dan memiliki fitur lengkap untuk mengelola file bin, sehingga sobat tidak perlu repot-repot untuk melakukan konversi file bin terlebih dahulu.

Berikut ini cara membuka file bin dengan B1 Free Archiver di Android:

  1. Install B1 Free Archiver di google play
  2. Buka file bin yang tadi di-download dengan aplikasi B1 Free Archiver
  3. Setelah itu klik Extract To..
  4. Lalu pilih folder tujuan ke mana file .bin akan diekstrak, misalnya Internal memory atau SD card.
  5. Tunggu proses ekstraksi beberapa menit sampai selesai, setelah itu dapat dibuka di file manager pilihan Anda.

2. ZArchiver

ZArchiver

ZArchiver adalah aplikasi android yang bisa digunakan untuk membuka dan mengekstrak file zip dan file bin. ZArchiver adalah aplikasi gratis yang dapat diunduh di Playstore.

ZArchiver mempunyai kelebihan jika dibandingkan dengan aplikasi pengarsipan lainnya, selain hanya berukuran sekitar 5 MB, aplikasi ini mampu mengkompres file dengan ukuran yang besar.

Selain itu ZArchiver juga dapat membaca file .zip/.rar/.7z/.iso dan format lainnya. Selain itu, aplikasi ini merupakan aplikasi yang ringan untuk android dan mampu bekerja dengan baik meskipun menggunakan HP kentang.

3. ES File Manager

ES File Manager

ES File Manager memiliki fitur untuk mengekstrak file .bin yang merupakan format file yang kadang ditemukan dalam penginstalan aplikasi. Membuka file bin di android dengan Astro file manager.

ES File Manager adalah aplikasi yang kini sudah terpasang pada sebagian besar perangkat Android, termasuk pada perangkat saya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuka file bin melalui Android.

4. Astro File Manager

Astro File Manager

Astro file manager merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk membantu kita dalam mengatur atau pun mengolah data di smartphone android. File manager sekarang ini juga sudah bisa membuka file dengan format bin. Tetapi tidak semua file manager dapat melakukannya. Hanya beberapa yang mampu melakukannya, salah satunya adalah “Astro File Manager” ini.

Astro File manager adalah aplikasi yang memungkinkan Anda mengelola sistem file ponsel android Anda. Aplikasi ini mirip dengan File explorer default di Windows, dengan beberapa perbedaan pada fitur dan tampilan antar mukanya. Anda dapat menggunakan Astro File manager untuk membuka .file bin di Android

Untuk menginstal aplikasi ini Anda dapat menggunakan Google Playstore dan kemudian mencari ‘Astro File manager’. Download dan install aplikasinya seperti biasa. Setelah terinstal, Anda dapat membuka .bin file dari penyimpanan internal ponsel Anda atau kartu SD.

5. X-Plore File Manager

X Plore File Manager

X-Plore adalah sebuah aplikasi file manager di android yang bisa digunakan membuka file bin. X-Plore juga dapat menampilkan file tersembunyi atau hidden files yang biasanya tidak bisa dilihat karena folder mengandung tanda titik (.).

Berikut ini adalah tutorial sederhana untuk membuka file bin di android menggunakan aplikasi x-Plore file manager:

  1. Download aplikasi di Playstore, kemudian install pada perangkat android anda.
  2. Selanjutnya buka X-Plore dan cari file yang berformat bin, kemudian klik dan pilih Open as text.
  3. Setelah itu pilih editor teks sesuai selera.
  4. Selesai!

6. Total Commander

Total Commander merupakan sebuah aplikasi pengelola file yang bersifat open source. Total Commander memiliki dua panel layaknya aplikasi pengelola file lainnya. Total Commander mendukung berbagai jenis file, termasuk file bin.

Bin merupakan file yang berisi kumpulan data. Bin memiliki format tersendiri, yaitu bin diakhiri dengan ekstensi .bin. Biasanya file ini digunakan untuk menyimpan konfigurasi atau data dari suatu perangkat. File .bin biasanya dipakai untuk firmware router dan modem ADSL.

File .bin tidak bisa dibuka secara langsung pada Android, kecuali kepada orang-orang yang menguasai coding atau punya aplikasi untuk membuka file .bin tersebut. Jika Anda sedang mencari cara untuk membuka file .bin di Android, cobalah Total Commander.

7. BIN Reader

BIN Reader adalah aplikasi android yang dapat digunakan untuk membuka file bin. Seperti yang kita ketahui bersama, file bin merupakan file yang berisi data. Namun, data yang disimpan oleh file bin tersebut tidak dapat di baca dengan text editor biasa. Untuk itu, maka kita memerlukan aplikasi yang dapat membaca data tersebut.

BIN Reader sangat berguna bagi pengguna android yang sering menggunakan file bin pada device androidnya. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan cepat. Sebagai contoh, kita dapat menggunakannya untuk membuka file bin seperti fastboot.img dan recovery.img ataupun firmware samsung. Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu mengubah ekstensi file menjadi .zip untuk membuka isinya.

Membuka file bin pada direktori root di Android

Jika Anda ingin membuka file bin di ponsel Android , maka Anda perlu melakukan root pada ponsel Anda terlebih dahulu. Rooting memberi pengguna hak administratif dan memungkinkan mereka mengakses bagian perangkat di level administrator.

Sebelumnya Anda harus memeriksa apakah perangkat Anda kompatibel dengan rooting karena tidak semua model dapat melakukannya. Setelah Anda memastikan informasi ini, Anda dapat menginstal aplikasi bernama KingRoot dan menggunakannya untuk mendapatkan hak administratif atas perangkat Anda.

Setelah melakukan rooting, anda memerlukan aplikasi seperti ES File Explorer agar dapat mengakses direktori root di ponsel Anda di mana file bin berada.

Itulah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membuka file bin di perangkat Android. Dari beberapa aplikasi yang sudah direkomendasikan mungkin ada yang sudah tidak bekerja lagi, atau sudah berhenti dikembangkan oleh pengembang. Oleh karena itu Anda perlu melakukan percobaan dan berusaha menemukan aplikasi alternatif lain yang banyak beredar di Playstore. Semoga bisa bermanfaat.

Leave a Comment