10+ Aplikasi Android untuk Belajar Pemrograman

Aplikasi android untuk belajar pemrograman dibuat untuk memudahkan kita dalam belajar pemrograman. Sebagian orang mengira bahwa pemrograman itu sulit dan rumit, tapi sebenarnya semua itu tergantung dari minta dan semangat belajar kita.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan kepada anda beberapa aplikasi android yang wajib dimiliki bagi para programmer yang baru mempelajari bahasa pemrograman. Dengan memanfaatkan aplikasi ini anda dapat dengan mudah mempelajari berbagai macam syntax bahasa pemrograman.

1. Learn Android Development for Beginners

Learn Android Development for Beginners

Memahami bahasa pemrograman merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari saat ini. Apalagi jika Anda seorang mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Namun, bagaimana jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk belajar pemrograman?

Aplikasi Learn Android Development for Beginners adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda dalam mempelajari pemrograman secara mandiri. Aplikasi ini sudah cukup populer dan mendapat rating rata-rata 4,3 dari para pengguna.

Aplikasi Learn Android for Beginners dilengkapi dengan fitur Tutorial dan Quiz. Tutorial tersebut akan mendidik Anda tentang pengenalan bahasa pemrograman C, C+, Java, contoh kode program, serta kosakata-kosakata penting lainnya yang perlu Anda ketahui.

2. Learn C Programming

Learn C Programming

Learn C Programming adalah aplikasi panduan untuk pemula yang ingin belajar pemrograman C dan C++. Aplikasi ini berisi materi yang diperlukan untuk menjadi seorang programmer, mulai dari tipe data, konsep array, dan prosesnya. Aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar atau referensi bagi para guru.

Aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai referensi belajar bahasa C seperti:

  • Tutorial Dasar Bahasa C
  • Manual Reference Bahasa C
  • Contoh Program Bahasa C
  • Fitur Pencarian Referensi

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tes belajar yang isinya terdiri dari kumpulan soal latihan tentang bahasa C.

3. Programming Hub

Programming Hub

Programming Hub: Learn to code adalah aplikasi yang dikembangkan oleh SoloLearn. Aplikasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar untuk para pemrogram. Programming Hub tersedia untuk Android dan iOS.

Programming Hub sangat cocok untuk pemula ataupun untuk yang sudah mahir. Anda akan mendapatkan pengalaman belajar sangat menyenangkan dan efektif dengan sejumlah tugas praktis dan kode contoh.

Mempelajari pemrograman tidak perlu membosankan. Aplikasi ini menjadi cara terbaik untuk belajar coding di rumah, di mobil, di jalan, atau di mana saja yang kamu inginkan. Kamu dapat belajar HTML, CSS, JavaScript, C ++, PHP dan SQL sambil bermain game yang interaktif dan menyenangkan!

4. Learn Java – Interactive Course

Learn Java – Interactive Course

Aplikasi android Learn Java – Interactive Course ini dirancang untuk para pemula yang ingin belajar pemrograman. Terdapat dua jenis modul yaitu Learn dan Practice. Aplikasi android Learn Java – Interactive Course ini mendukung HTML, CSS, JavaScript, PHP, Python, Ruby, Java, C dan SQL.

Aplikasi ini menyediakan materi yang diharapkan akan membuat Anda menjadi seorang profesional dalam pemrograman Java. Anda dapat dengan mudah melihat kemajuan belajar dan latihan Anda sebelumnya, karena aplikasi ini menyimpan semua data tersebut secara lokal di perangkat Anda.

Dengan aplikasi android Learn Java – Interactive Course kamu bisa belajar pemrograman kapan saja dan dimana saja tanpa harus ke tempat les privat. Selain itu aplikasi android Learn Java – Interactive Course ini menyediakan materi-materi pembelajaran dengan penjelasan secara lengkap agar memudahkan kamu untuk memahami materinya.

5. SoloLearn

SoloLearn

SoloLearn adalah aplikasi android yang dirancang untuk membantu pengguna belajar bahasa pemrograman. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam bahasa pemrograman mulai dari bahasa seperti C, C++, Java, Python, dan masih banyak lagi.

Aplikasi ini sangat cocok bagi para pemula yang ingin belajar pemrograman secara mandiri, karena aplikasi ini berisi beberapa tutorial pemrograman seperti : PHP, HTML, CSS, Javascript, JQuery dan masih banyak lagi. Ditambah lagi dengan tampilan yang simple serta adanya fitur community di mana developer dapat saling berdiskusi tentang aplikasi atau topik ataupun soal yang tersedia di aplikasi tersebut.

Di dalam aplikasi ini, pengguna dapat mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman dengan sangat mudah. SoloLearn sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk mendapatkan edukasi terkini mengenai pemrograman. Aplikasi ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana untuk mendesain aplikasi android untuk perusahaan Anda.

6. Programming Hero

Programming Hero adalah aplikasi untuk belajar pemrograman yang dibuat untuk Anda yang ingin mempelajari berbagai macam bahasa pemrograman seperti Python, Java, JavaScript, PHP, C++, Ruby, dan masih banyak lagi.

Programming Hero menyediakan tutorial interaktif baik untuk pemula maupun mahir. Dengan tutorial ini Anda akan menguasai berbagai macam bahasa pemrograman dengan cepat dan mudah. Module-module yang disediakan dalam aplikasi ini berisi materi teori dan praktek secara bersamaan.

Aplikasi ini berisi materi pembelajaran yang lengkap dan video tutorial singkat dengan contoh-contoh kode program yang dapat di edit dan dijalankan langsung melalui perangkat Android Anda. Program tutorial juga dilengkapi dengan penjelasan langkah demi langkah untuk membantu Anda mengerti setiap baris kode yang ditulis.

7. Python Programming Tutorials

Python Programming Tutorials adalah aplikasi belajar pemrograman yang berisi materi-materi Python dari dasar sampai lanjut.

Materi yang disajikan di aplikasi ini antara lain:

  • Python Introduction
  • Python Setup
  • Python Variables
  • Python Numbers
  • Python Casting
  • Python Strings
  • Python Operators
  • Python Lists
  • Python Tuples
  • Python Dictionary
  • Python If…Else
  • Python While Loops
  • Python For Loops
  • Python Functions
  • Python Modules dan lain-lain

8. Learn Java

Learn Java

Aplikasi Learn Java merupakan aplikasi berbasis android yang dibuat untuk membantu pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman Java. Aplikasi ini akan menjelaskan materi mulai dari sintaks, method, atribut, constructor, dan tipe data

Dengan aplikasi Learn Java ini pengguna dapat belajar konsep-konsep dasar bahasa pemrograman Java dengan mudah secara mandiri tanpa harus tergantung pada orang lain. Pengguna juga dapat langsung mencoba materi yang telah dipelajari dengan menjalankan program Java di bagian editor.

Seperti halnya aplikasi pembelajaran lainnya, di Learn Java ini kamu akan melihat berbagai materi dengan disertai contoh kode program. Ada pula istilah-istilah atau nama perintah yang dapat kamu pelajari sesuai urutan materi yang disediakan.

9. PHP Tutorial

PHP Tutorials adalah aplikasi android yang memuat tutorial belajar bahasa pemrograman PHP dari dasar hingga menengah. Aplikasi ini merupakan sarana belajar yang praktis dan mudah digunakan, karena tidak memerlukan koneksi internet untuk mengakses materi pelajaran.

Aplikasi ini memuat beberapa modul pelajaran sebagai berikut :

  • Modul 1 : Pengenalan PHP
  • Modul 2 : Struktur Dasar PHP
  • Modul 3 : Variabel dan Tipe Data
  • Modul 4 : Operator, Struktur Kontrol, dan Percabangan
  • Modul 5 : Perulangan dan Array
  • Modul 6 : Fungsi dan Parameter Fungsi
  • Modul 7 : Variable Superglobals dan Form Handling
  • Modul 8 : Cookies dan Session

PHP Tutorials berisi lebih dari 200 halaman tutorial yang lengkap dan mudah dipelajari, dibagi ke dalam 12 bab dan setiap bab berisi sub-bab sehingga mempermudah Anda mencari referensi materi.

10. C++ For Beginner’s Guide

Aplikasi android C++ For Beginner’s Guide merupakan aplikasi yang membahas tentang pemrograman berbasis C++. Aplikasi ini memberika materi-materi yang di butuhkan oleh pemula dalam mempelajari bahasa pemrograman C++. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kode yang sederhana, itu artinya aplikasi ini cocok untuk anda yang baru belajar bahasa pemrograman.

Aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk membantu pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman namun tidak tahu bagaimana cara memulainya. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan siswa-siswi dapat menekuni ilmu komputer khususnya bahasa pemrograman C++ dengan menggunakan smartphone mereka

11. Learn SQL in 10 M

Ada banyak cara untuk belajar dan menghafal sintaks-sintaks dalam bahasa pemrograman SQL. Salah satu caranya adalah dengan mempelajari lewat aplikasi android di smartphone. Nah, disini saya akan merekomendasikan satu aplikasi android yang sangat bagus untuk belajar dan mempelajari sintaks-sintaks dalam bahasa pemrograman SQL yaitu Learn SQL in 10 Min

Aplikasi Learn SQL in 10 Min adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk belajar SQL melalui perintah-perintah dasar SQL. Aplikasi ini sangat bagus untuk pemula yang ingin belajar karena menyediakan materi yang sangat mudah dipahami disertai gambar ilustrasi agar pengguna lebih mudah memahami konsep SQL

Aplikasi ini dapat digunakan di dalam kelas, untuk membantu mahasiswa belajar tentang bahasa pemrograman. Dengan aplikasi ini, mahasiswa dapat belajar sendiri menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau pun tablet Android.

Leave a Comment