10+ Aplikasi Android untuk Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang paling banyak digunakan pada berbagai bidang, baik pendidikan maupun dunia kerja. Ada banyak sekali negara di dunia menggunakannya sebagai bahasa pertama dan kedua. Tidak heran jika saat ini orang-orang berlomba-lomba untuk belajar Bahasa Inggris dengan mengikuti kursus maupun belajar secara mandiri.

Salah satu cara yang paling praktis adalah dengan menggunakan aplikasi Android untuk belajar Bahasa Inggris. Saat ini sudah banyak aplikasi gratis yang dapat kita gunakan sebagai alat bantu belajar Bahasa Inggris. Namun pastikan Anda memilih aplikasi android terbaik agar proses belajar menjadi lebih efektif dan efisien.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi android untuk belajar Bahasa Inggris yang bisa Anda coba. Dengan aplikasi ini Anda bisa belajar kapan saja dan dari mana saja menggunakan smartphone yang ada di genggaman.

1. English Listening Practice

English Listening Practice

English Listening Practice adalah aplikasi untuk belajar bahasa inggris di android. Aplikasi ini menggunakan metode listening dan reading untuk meningkatkan kemampuan listening serta reading. Metode ini dikenal dengan istilah Listening and Reading Method (LRM).

Aplikasi English Listening Practice cocok dipakai oleh siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan berbahasa inggrisnya, baik itu pemula maupun yang sudah mahir berbahasa inggris. Aplikasi ini juga cocok digunakan sebagai alat bantu belajar bagi para guru bahasa inggris di sekolah.

Aplikasi English Listening Practice terdiri dari beberapa level seperti Beginner, Elementary, Pre-Intermediate, Intermediate dan Advanced. English Listening Practice juga menyediakan lebih dari 800 audio untuk di pelajari.

Aplikasi English Listening Practice memudahkan kita untuk belajar bahasa inggris secara mandiri karena berbagai materinya yang lengkap. Selain itu aplikasi ini juga sangat ringan dan hemat baterai.

2. Quizlet

Quizlet

Aplikasi Quizlet dapat digunakan untuk pembelajaran bahasa Inggris secara menyenangkan melalui permainan dan interaksi dengan pengguna lain. Aplikasi ini telah mendapat berbagai penghargaan sebagai aplikasi terbaik yang wajib dimiliki oleh para pelajar.

Aplikasi Quizlet memudahkan Anda untuk mempelajari kata yang Anda butuhkan untuk keperluan kuliah dan bisnis. Selain itu, pada aplikasi ini juga tersedia fitur flashcard yang dapat digunakan untuk latihan dan ujian. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi pelajaran yang paling banyak digunakan oleh para pelajar dunia.

Aplikasi ini dirancang untuk mendorong pembelajaran melalui kegiatan seperti pengulangan, pelatihan, interaksi pengguna, dan permainan dengan kartu flash. Pengguna dapat membuat set mereka sendiri atau mencari set yang sudah dibuat oleh pengguna lain. Set ini kemudian dapat digunakan oleh pengguna lain di seluruh dunia.

3. My English Grammar Test Pro

My English Grammar Test Pro

Aplikasi English Grammar Test Pro adalah aplikasi android yang dapat digunakan untuk belajar bahasa inggris dengan mudah. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan dan fitur yang dapat memudahkan kita untuk belajar bahasa inggris.

Pertama, aplikasi ini terdiri dari 4 mode level test, yaitu: Easy, Medium, Hard dan Challenge. Setiap mode level testnya pun berisi 20 soal latihan. Tes umumnya berupa tes dengan soal-soal yang bisa Anda jawab dengan memilih satu pilihan jawaban yang menurut Anda paling tepat. Soal akan disajikan secara random, sehingga setiap pelajaran atau latihan hanya akan diberikan soal yang belum pernah Anda kerjakan.

Aplikasi English Grammar Test Pro memiliki lebih dari 8000 soal yang bisa Anda coba dengan mudah. Semua soal-soalnya didesain oleh para tenaga pengajar dan praktisi Bahasa Inggris, jadi Anda gak perlu khawatir dengan kualitasnya.

Di aplikasi ini pun, semua soal-soalnya sudah dibagi menjadi beberapa level, mulai dari level pemula sampai level mahir. Anda juga bisa memilih kategori soal yang diinginkan, seperti grammar, vocabulary atau reading. Setelah menyelesaikan latihan, Anda juga bisa melihat hasilnya langsung di layar smartphone atau tablet Android-mu.

Aplikasi ini pun dapat dijalankan secara offline. Selain itu, kita juga akan mendapat penjelasan mengenai rumus-rumus grammatical pada tiap soalnya. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan bagi para pembelajar bahasa inggris pemula.

4. FluentU

FluentU

FluentU adalah aplikasi android untuk belajar bahasa inggris yang memberikan pengalaman belajar menyenangkan dengan teknologi adaptif yang akan menyesuaikan materi dengan kebutuhan masing-masing pengguna.

Aplikasi ini cocok untuk anda yang ingin memperdalam bahasa inggris dengan menonton video atau film. FluentU sangat serius mengedukasi pengguna melalui media video. Untuk memudahkan pengguna belajar, setiap kata dalam teks subtitle akan diubah menjadi kartu flashcard yang terhubung dengan daftar kosakata bahasa inggris beserta penjelasannya.

Dari video-video yang disediakan, semuanya berasal dari sumber resmi seperti National Geographic, TED, New York Times dan lainnya. Untuk menonton video, anda harus login terlebih dulu ke akun anda dan mengisi profil. Setelah itu anda langsung bisa melihat daftar video yang tersedia dan menontonnya.

5. HelloTalk

HelloTalk

HelloTalk adalah aplikasi mobile yang dibuat untuk para pengguna Android dan iOS yang ingin belajar bahasa-bahasa baru dengan cara mengobrol secara langsung dengan orang-orang dari berbagai daerah di seluruh dunia menggunakan perangkat seluler mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur komunikasi yang lengkap, seperti chat, panggilan suara dan video, serta fitur koreksi otomatis.

Fitur lain dari aplikasi HelloTalk adalah pengguna dapat melakukan pencarian berdasarkan bahasa atau lokasi. Dengan fitur ini, akan lebih mudah bagi para penutur bahasa Inggris untuk menemukan orang-orang di Indonesia yang ingin belajar bahasa Inggris atau orang-orang di Amerika Serikat yang ingin belajar bahasa Jawa, misalnya.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur translate yang bisa membantu Anda ketika sedang membaca novel atau cerita dalam bahasa asing. Anda tidak perlu repot-repot harus ke Google terlebih dahulu hanya untuk melihat arti satu kata saja. Aplikasi HelloTalk juga memiliki fitur recording voice, tempat chatting dan juga forum diskusi. Semua fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi para pengguna aplikasi ini untuk belajar bahasa Inggris menjadi lebih intensif lagi.

6. Duolingo

Duolingo

Aplikasi belajar bahasa inggris di android yang sangat populer dan banyak digunakan selanjutnya adalah Duolingo. Aplikasi ini memudahkan kita untuk melatih kemampuan berbahasa inggris dengan cara yang menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini juga gratis.

Duolingo adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mencoba belajar atau meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anda. Aplikasi ini berjalan di smartphone Android Anda dimana setiap hari Anda dapat melakukan latihan untuk menguasai kemampuan berbahasa Inggris. Dengan sedikit latihan setiap hari, Anda akan mendapatkan keterampilan baru yang terus meningkat.

Aplikasi ini sebenarnya mempunyai tampilan yang sangat sederhana namun kaya akan fitur. Pada awal menggunakan aplikasi ini, pengguna akan diminta untuk mendaftar dengan menggunakan email atau login melalui facebook. Setelah itu Anda bisa memilih bahasa apa yang ingin dipelajari, sebagai contoh ini misalnya belajar bahasa Inggris. Anda akan diberikan berbagai macam tingkatan mulai dari pemula, menengah, dan ahli yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan.

7. uTalk

uTalk

uTalk adalah aplikasi yang dapat membantumu belajar bahasa Inggris di Android. uTalk adalah aplikasi ringan yang dirancang khusus untuk mengajarkan kepada pengguna bagaimana menggunakan kata-kata dasar dari bahasa Inggris.Beelinguapp

Cara kerja uTalk cukup sederhana, aplikasi ini hanya berfokus pada satu hal saja, yakni membantu Anda mempelajari kosa kata, frase-frase, serta slang-slang umum dalam bahasa Inggris. Aplikasi ini tidak terlalu mementingkan aspek tata bahasa atau gramatika (Grammar).

Dengan uTalk, anda bisa belajar bahasa yang paling populer, mulai dari Bahasa Inggris hingga Tunisia. Aplikasi Android ini tersedia dalam 30 bahasa sehingga anda tidak perlu khawatir akan sulitnya belajar bahasa asing.

8. IELTS Prep App

IELTS Prep App

Aplikasi IELTS Prep App ini membantumu untuk mempersiapkan ujian masuk kuliah atau bekerja di luar negeri.

Aplikasi ini menyediakan materi-materi mengenai bagaimana cara menghadapi dua tes pada ujian IELTS yakni reading dan listening test. Selain itu, aplikasi ini juga memberikan lembar soal latihan yang bisa Anda gunakan untuk berlatih sebelum mengikuti tes.

Dalam aplikasi ini, terdapat sebuah materi yang ditulis oleh James Ellermeyer dengan judul Grammar Guide, yang dapat membantumu untuk mempelajari tentang beberapa istilah grammer dalam Bahasa Inggris.

Aplikasi ini dilengkapi dengan Game Room yang berisi tutorial interaktif tentang beberapa hal penting seputar ujian IELTS

9. Busuu

Busuu

Busuu adalah aplikasi Android yang bisa membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini menghadirkan beragam fitur yang tidak ditemukan pada aplikasi belajar bahasa lainnya. Salah satunya adalah kursus bahasa gratis yang mencakup 12 jenis bahasa dunia, seperti Bahasa Inggris, Perancis, Italia, Jerman, Spanyol, Rusia, dan lain-lain.

Busuu juga menyediakan fitur untuk menjadi tutor pribadi Anda. Dengan demikian, Anda bisa belajar Bahasa Inggris secara mandiri tanpa harus keluar rumah. Anda juga bisa berlatih berbicara Bahasa Inggris dengan native speaker lainnya di dunia.

Busuu menyediakan berbagai materi pembelajaran mulai dari grammar, speaking, writing, listening, dan vocabulary. Selain itu, Anda juga dapat melihat progress belajar yang telah dilakukan dengan mudah.

Di samping itu, Busuu juga menawarkan materi pembelajaran seperti audio dialogs, pronunciation practice, dan video clips. Dengan semua fitur tersebut, Anda dapat melatih kemampuan berbahasa Inggris dengan lebih optimal lagi.

10. English Tenses (Summary & Practice)

English Tenses

EnglishTenses adalah aplikasi untuk belajar bahasa inggris di android. Aplikasi ini menyajikan materi dalam bentuk bahasa inggris tentang topic Simple, Continuous, Perfect, dan Perfect Continuous Tenses pada kategori Present, Past, dan Future.

Aplikasi ini sangat menarik untuk di coba karena tidak hanya mengajarkan tenses, tetapi juga menjelaskan rumus tenses dan merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara offline.

Aplikasi English Tenses ini sangat cocok untuk para pelajar SMP/MTs, SMA/SMK/MA dan Mahasiswa untuk belajar bahasa Inggris di Android dengan cara mudah dan menyenangkan.

11. Memrise Easy Language Learning

Memrise Easy Language Learning

Memrise adalah salah satu aplikasi pembelajaran bahasa Inggris yang memiliki cara pembelajaran yang unik. Aplikasi ini menyediakan kumpulan materi latihan bahasa Inggris dalam bentuk flashcard.

Untuk memudahkan pengguna dalam mengingat kosakata, materi yang disajikan dalam aplikasi ini dilengkapi dengan audio serta gambar. Jadi, Anda gak perlu repot-repot deh buka buku pelajaran bahasa Inggris lagi untuk mencari artinya.

Selain itu, gambar dan audio disertakan dalam materi latihan agar pengguna lebih mudah mengingatnya. Dengan begitu, Anda bisa belajar bahasa Inggris dimana saja dan kapan saja hanya dengan mengandalkan smartphone Android.

Leave a Comment