5 Aplikasi Android untuk Audio Mobil

Setiap pemilik mobil pasti menginginkan audio mobil mereka memiliki suara yang jernih dan bass yang lebih jelas. Jika audio mobil Anda masih menghasilkan suara yang standar saja, dan suara tersebut tidak begitu enak didengar atau kurang jernih maka jangan buru-buru berpikir untuk mengganti audio baru.

Dengan mencoba aplikasi ini, Anda bisa melakukan tuning audio pada mobil untuk mendapatkan suara yang lebih bagus dan enak didengar dengan mudah.

1. Alpine TuneIt App

Alpine TuneIt App

Alpine TuneIt App adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk pengaturan audio mobil yang terhubung ke head unit Alpine yang mendukung fitur PXA-H100 IMPRINT Audio Processor. Pengaturan audio mobil yang dimaksud meliputi equalizer, crossover, time correction, dan lain-lain.

Dengan menggunakan fitur smart mode, aplikasi ini dapat mengidentifikasi pengaturan kendaraan berdasarkan model dan tahun produksi, membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mengoptimalkan pengaturan audio mobilnya.

Aplikasi ini dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja audio mobil pengguna. Aplikasi TuneIt App memungkinkan pengguna untuk melakukan sesi pemasangan parameter audio mobil bersama-sama dengan orang lain secara real-time melalui perangkat mobile mereka. Fitur ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berinteraksi atau berkomunikasi secara langsung dengan mitra dan ahli audio mereka selama proses pengaturan parameter.

Aplikasi ini bekerja dengan koneksi Bluetooth smartphone Anda ke sistem audio Alpine, dan mengambil alih sebagai pengendali utama. Aplikasi Alpine TuneIt App memungkinkan Anda untuk menyesuaikan setelan audio dengan mudah dengan perangkat lunak Equalizer dan Time Correction. Untuk memberikan efek sempurna, aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan setelan subwoofer seperti ukuran kabin, luas ruangan, dan tingkat sensitivitas subwoofer.

2. Sound Tune

Sound Tune

Sound tune adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengatur suara atau audio pada mobil, baik itu membuat suara mobil anda lebih keren, jernih, dan lebih bagus lagi didengar.

Anda pasti sering melihat orang-orang yang suka memodifikasi audio mobil mereka, baik dengan cara memasang speaker dan amplifier yang lebih besar, atau dengan cara merombak setup speaker dan amplifier yang sebenarnya tidak semuanya bagus. Karena terkadang ada orang yang tidak mengerti mengenai frequency yang dihasilkan oleh sound system tersebut akan menyebabkan sound yang dihasilkan terdengar seperti ngebass, ngekrek, ataupun nyelonong.

Untuk menghindari hal tersebut Anda bisa menggunakan aplikasi Sound Tune ini untuk membantu para tuner audio mobil melakukan penyesuaian terhadap audio mobil mereka agar dapat menghasilkan kualitas suara yang lebih baik. 

Sound Tune dapat memberikan anda hasil suara yang sesuai dengan karakteristik audio di mobil anda. Sound Tune adalah aplikasi yang menyajikan berbagai macam audio line out mobil untuk menunjang sound system di dalam mobil. SoundTune memberikan input data berupa model mobil, tipe audio yang dipasang dan kapasitas dari speaker yang dipakai. Output yang diberikan antara lain frekuensi crossover, gain dan setting equalizer.

3. Ultimate Car Audio

Ultimate Car Audio

Ultimate Car Audio adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk membantu para pemilik kendaraan roda empat dalam memilih audio mobil yang sesuai dengan selera mereka. Aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk memberikan pengguna informasi mengenai cara merawat audio mobil agar tetap bagus dan efektif ketika digunakan.

Aplikasi Ultimate Car Audio menawarkan desain audio mobil yang unik dan terbaik. Aplikasi ini dapat memenuhi keinginan konsumen dalam memilih audio mobil dengan desain yang beragam. Aplikasi ini juga bisa memberikan user experience yang tinggi terhadap para pengguna dalam hal pemilihan desain audio mobil terbaik.

Anda bisa mendesain audio mobil secara presisi menggunakan aplikasi ini. Semua orang yang terlibat dalam industri audio mobil tahu bahwa ada kesalahan-kesalahan atau “cacat” yang tak terhindarkan dalam sistem audio mobil. Ultimate Car Audio telah dibekali algoritma khusus yang melibatkan pengkoreksian frekuensi, kecepatan suara, akustik ruangan, pengaturan peredam untuk menghilangkan cacat tersebut.

4. Car Audio Sub Bass Reactor

Aplikasi Car Audio Sub Bass Reactor untuk audio mobil adalah sebuah aplikasi smartphone yang berfungsi sebagai penunjuk tingkat frekuensi subwoofer pada audio mobil. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghasilkan getaran (vibration) dari suara bass subwoofer untuk memberikan efek menggelegar atau bergemuruh. Aplikasi ini memang dirancang untuk membantu para pengemudi dalam menambah suara bass yang lebih kuat pada kendaraannya.

Aplikasi ini menggunakan mikrofon internal smartphone sebagai sensor masukan untuk mendengar frekuensi rendah (bass) yang dihasilkan oleh audio mobil. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur visualisasi suara berupa bar chart dan animasi yang dapat memvisualisasikan tingkat kekuatan suara bass dalam bentuk grafik.

Aplikasi Car Audio Sub Bass Reactor ini merupakan aplikasi yang ditujukan untuk perangkat audio mobil dengan fitur khusus untuk mengotomatiskan peredam bass agar tetap stabil dan sesuai dengan kekuatan audio yang dihasilkan. Aplikasi ini dibuat berbasis android dan dapat berjalan pada perangkat android yang Anda miliki.

Car audio sub bass reactor dibuat untuk mengatasi masalah yang umum terjadi pada penggunaan audio mobil, yaitu output sound yang tidak stabil ketika volume sudah berada pada level tertentu, hal ini biasanya disebabkan oleh masalah speaker akibat terlalu sering bergetar pada frekuensi rendah (sub bass).

5. Advanced car audio setting

Advanced car audio setting

Advanced car audio setting adalah aplikasi yang dapat mengubah settingan audio di mobil, seperti equalizer, subwoofer, soundstage dan surround. Aplikasi ini dibuat khusus untuk merk mobil Toyota Alphard, Vellfire dan Rush.

Advanced car audio setting merupakan aplikasi yang ditujukan untuk audio mobil terutama head unit, dengan adanya aplikasi ini kita bisa memanipulasi equalizer stereo dari android, sehingga kita bisa mengoptimalkan kualitas suara mobil sesuai dengan selera masing-masing, juga tidak perlu repot setting equalizer di layar head unitnya.

Aplikasi ini akan membantu anda untuk

  • Mengatur equalizer dan speaker mobil
  • Mengatur sub woofer,mid range dan tweeter
  • Mengatur balance dan fader di setiap speaker
  • Mengembalikan setting audio ke default

Aplikasi ini berisi fitur-fitur yang dapat membantu anda mengatur settingan audio secara cepat, mudah, dan efektif. Selain itu, aplikasi ini juga berisi tutorial lengkap cara setting audio mobil. Dengan membaca tutorialnya, Anda akan lebih paham cara melakukan settingan audio di mobil Anda.

Leave a Comment