10+ Aplikasi Android untuk Arsitek

Aplikasi android untuk arsitek adalah aplikasi yg dibuat khusus untuk para arsitek dan bidang terkait agar dapat memudahkan pekerjaan mereka. Aplikasi ini ditujukan untuk memudahkan seorang arsitek dalam menggambar dan menghitung ukuran bangunan.

Di dalam aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan alat hitung yang bisa digunakan untuk menghitung nilai konstanta bangunan rumah dan menyelesaikan perhitungan matematika konstruksi lainnya yang sering ditemui dalam pekerjaan arsitek.

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa rekomendasi aplikasi Android terbaik yang wajib dimiliki oleh para arsitek.

1. AutoCAD 360

AutoCAD 360

AutoCAD 360 adalah aplikasi android untuk arsitek yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit desain 2D dan 3D secara real-time. Anda dapat memulai proyek di mana saja dan kemudian melanjutkannya di komputer anda sehingga anda dapat mengedit setiap detailnya.

AutoCAD 360 memungkinkan Anda untuk mengakses, membuat, dan berbagi desain AutoCAD dari mana saja di ponsel atau tablet Android. Aplikasi ini bisa diinstall secara gratis pada perangkat Anda. Selanjutnya dapat digunakan untuk menggambar dan editing file AutoCAD. Aplikasi ini membuat Anda dapat bekerja pada perangkat smartphone.

Anda juga bisa menggunakannya untuk melihat, mengedit dan berbagi desain AutoCAD di perangkat seluler. Anda dapat melihat, mengedit dan berbagi desain 2D dan 3D seperti puluhan file DWG, DXF, dan DWF di mana pun berada. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat bekerja tanpa batasan, berkolaborasi dengan rekan kerja dan pelanggan, serta berkomunikasi dengan tim Anda.

2. AutoDesk Formit 360

AutoDesk Formit 360

AutoDesk Formit 360 adalah aplikasi android untuk arsitek yang bisa digunakan untuk membuat desain rumah. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang cukup lengkap, bahkan kita juga bisa membuat 3D sketsa rumah sesuai selera kita.

AutoDesk Formit 360 memungkinkan para arsitek untuk melakukan konsep modelling dari awal hingga akhir. Aplikasi ini bisa mengimpor file SketchUp, Revit, Rhino, dan FBX, dan juga mengekspor ke Revit untuk pengembangan lebih lanjut.

Dengan menggunakan aplikasi ini, arsitek bisa langsung melakukan modeling saat berada di lapangan atau ketika sedang mendapatkan ide baru. Dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan, aplikasi ini cocok bagi para arsitek yang terbiasa membuat desain dengan software AutoDesk seperti AutoCAD atau 3ds Max.

Agar lebih mudah dalam membuat desain bangunan, AutoDesk Formit 360 telah menyediakan beberapa contoh desain bangunan yang bisa kita gunakan sebagai acuan dalam membuat desain bangunan rumah.

3. Graphisoft BIMx

Graphisoft BIMx

BIMx dari Graphisoft adalah sebuah aplikasi android yang bisa membantu arsitek dalam menampilkan rancangan 3D proyek mereka kepada konsumen. Graphisoft BIMx memberikan kesempatan untuk membangun presentasi visual yang menarik dan efektif untuk menjelaskan proyek desain anda.

Aplikasi ini berisi model 3D dan data 2D untuk bangunan yang dibuat dengan ArchiCAD. Anda membutuhkan model 3D dan data 2D dari ArchiCAD untuk menggunakan BIMx. Apabila Anda memiliki model, Anda dapat membuat Hyper-model BIMx, presentasi interaktif lengkap dengan navigasi bebas melalui elemen bangunan, sambil membuka tabel data bangunan.

Graphisoft BIMx merupakan aplikasi mobile yang memberikan kemudahan untuk membangun presentasi visual dengan interaktif dan menggunakan model 3D di perangkat mobile (android atau IOS). Aplikasi ini didesain khusus untuk arsitek, interior designer, dan general contractor. Presentasi dengan Graphisoft BIMx dapat digunakan langsung tanpa harus melalui proses komputasi. Dengan penggunaan aplikasi ini, Anda dapat langsung membangun presentasinya secara real time.

4. Architect’s Choice

Aplikasi ini dibuat untuk membantu para arsitek dalam mencari referensi material yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pemilihan material yang sesuai dengan yang dibutuhkan dan selera konsumen, sehingga dapat meningkatkan kualitas arsitektur.

Aplikasi Architect’s Choice ini juga dapat menjembatani para arsitek dengan para supplier material, di mana pihak supplier tidak perlu repot-repot membuat iklan atau promosi untuk produknya, hanya cukup memasukkan informasi mengenai produknya secara lengkap ke dalam aplikasi ini agar tersebar ke seluruh pengguna aplikasi.

Architect’s Choice merupakan aplikasi yang membantu para arsitek dalam merancang bangunan dengan cara interaktif. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam material untuk konstruksi bangunan seperti genteng keramik, besi beton, dan masih banyak lagi. Material-material tersebut dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan juga bisa digabungkan dengan material lainnya.

Di aplikasi ini juga tersedia berbagai macam fitur tambahan seperti pilihan warna, ukuran, bentuk, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakannya untuk merancang hunian rumah seperti gedung apartemen, rumah susun sederhana ataupun rumah pribadi.

5. Construction Master Pro

Construction Master Pro

Construction Master Pro adalah aplikasi arsitek yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah matematika konstruksi dengan mudah. Aplikasi ini adalah alat yang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam menghitung dan mengkalkulasi berbagai macam material dalam proyek konstruksi.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan bagi para arsitek, kontraktor, penjual material bangunan, insinyur sipil, penjual properti dan siapa saja yang berkepentingan dengan proyek konstruksi.

6. Sunseeker

Sunseeker

Sunseeker adalah aplikasi untuk arsitek yang memungkinkan untuk menentukan arah matahari pada suatu bangunan sehingga dapat diketahui potensi pencahayaan dan panas yang masuk ke ruangan.

Sunseeker dapat membantu arsitek menentukan arah mata angin atau arah matahari pada suatu lokasi yang ditentukan. Pada aplikasi ini terdapat 2 buah tampilan untuk menampilkan informasi tentang mata angin dan matahari.

Informasi tersebut berupa koordinat sehingga arsitek dapat menggambarkan posisi mata angin dan matahari pada suatu bangunan dengan memasukkan koordinat tersebut ke aplikasi desain grafis seperti autocad.

7. DroneDeploy

DroneDeploy

DroneDeploy adalah aplikasi Android yang dapat membantu para arsitek mengumpulkan data dari drone mereka. Aplikasi ini secara eksklusif mendukung drone DJI Phantom 2 Vision , Phantom 2 Vision +, dan Inspire 1. DroneDeploy sebelumnya hanya tersedia untuk pengguna iOS, namun sekarang sudah bisa digunakan di perangkat Android.

Aplikasi DroneDeploy dibuat untuk membantu pengguna drone mendapatkan pandangan yang lebih luas dengan menghadirkan data yang lebih detail. Aplikasi ini memberikan berbagai tools dan fitur untuk membantu para arsitek dalam mengumpulkan data bangunan secara cepat, praktis dan akurat.

Dengan aplikasi ini anda bisa melakukan perekaman dari atas gedung untuk kemudian diperluas ke beberapa klik. Selain itu Anda juga bisa mengambil gambar dengan kualitas tinggi dengan menggunakan resolusi sampai 20 megapixel.

Aplikasi DroneDeploy menawarkan beberapa keunggulan untuk pengembangan bisnis arsitektur, seperti:

  • DroneDeploy menyediakan software yang dapat diinstal di drone. Fitur-fitur di aplikasi tersebut meliputi pencatatan gambar dan data tekstual dari setiap penerbangan drone.
  • Menggunakan metode survei photogrametry, aplikasi DroneDeploy mampu membuat model 3D dengan akurat.
  • Pemetaan drone juga bisa dilakukan secara otomatis, sehingga tidak perlu lagi mengoperasikan secara manual.
  • Aplikasi DroneDeploy juga dapat langsung mengubah data digital yang terekam menjadi file 2D atau 3D. Lalu file tersebut bisa langsung dipergunakan untuk penggambaran proyek arsitektur.

8. MagicPlan

MagicPlan

MagicPlan adalah aplikasi untuk arsitek yang sangat menarik. Ini merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda dengan cepat membuat desain dan diagram ruang, baik untuk klien maupun untuk pribadi. Aplikasi ini bekerja dengan memindai ruangan di mana Anda berada sehingga dapat mengambil ukuran dan bentuk ruang secara akurat.

Dalam beberapa detik, Anda akan mendapatkan plan yang dapat diunduh dalam format PDF. Itulah salah satu keuntungan besar dari MagicPlan: karena MagicPlan secara otomatis memindai semua ukuran, maka akan menghasilkan peta yang sangat detail dan akurat. Selain itu, program ini juga menawarkan berbagai opsi lainnya seperti bingkai jendela dan pintu, warna dinding, perabot

9. ArchiSnapper

Sesuai dengan namanya, ArchiSnapper adalah aplikasi android untuk arsitek. Aplikasi ini dikembangkan oleh tim belanda, yang mana pada awalnya ditujukan untuk meminimalisir masalah yang terjadi ketika mengerjakan lapangan.

ArchiSnapper mempunyai banyak kelebihan diantaranya:

  • Dapat digunakan kapanpun dan dimana saja, karena aplikasi ini berbasis android.
  • Dapat menyimpan data hingga 5 tahun, sehingga setiap proyek yang pernah dikerjakan bisa diakses kembali.
  • Menggunakan metode drag and drop, sehingga memudahkan pengguna aplikasi dalam mengerjakannya.
  • Penyimpanan data berupa pdf, jpg, atau xlsx

ArchiSnapper untuk arsitek dan desainer interior, dengan aplikasi ini arsitek bisa melakukan survey lebih mudah dan praktis. Dengan aplikasi ini para arsitek bisa melakukan survei tempat dan membuat rencana desain di luar ruangan tanpa harus menghabiskan waktu berlama-lama

10. Planimeter

Planimeter

Aplikasi ini memudahkan para arsitek dalam mengukur luasan bidang tanah, permukaan bangunan maupun hal lainnya yang dapat diukur dengan aplikasi ini. Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan simple, Anda tinggal menentukan titik awal dan titik akhir untuk menghitung luasannya. Dengan kata lain aplikasi ini digunakan untuk menghitung luas suatu daerah yang dibentuk dengan beberapa titik koordinat.

Planimeter akan memudahkan arsitek untuk menghitung luas tanah yang dibutuhkan untuk bangunan yang akan dibuatnya. Dengan aplikasi ini, para pengguna tidak perlu lagi menghitung luas bangunan ataupun lahan secara manual.

11. CamToPlan

CamToPlan adalah aplikasi android yang dibuat untuk arsitek. CamToPlan memungkinkan Anda untuk menscan ruangan dengan hanya menggunakan kamera dan mengubahnya menjadi tampilan 2D atau 3D.

Bagi para arsitek, membuat sebuah desain interior rumah atau gedung tidaklah mudah. Arsitek dituntut mengukur secara tepat banyak hal seperti ukuran jendela, pintu, dan lain-lain. Apalagi, sering kali pengukuran tersebut dilakukan di lapangan yang berada di luar kantor. CamToPlan adalah aplikasi android yang membantu pekerjaan tersebut.

Aplikasi CamToPlan ini adalah aplikasi untuk merancang tata letak ruangan berdasarkan gambar yang kita ambil menggunakan smartphone. Kita dapat menentukan ukuran ruangan, pintu, dan jendela sesuai dengan gambar dari smartphone kita. Aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh desainer tapi juga bisa digunakan oleh umum.

Leave a Comment