7+ Aplikasi Android Terbaik untuk AirPods

Apple mengumumkan bahwa AirPods akan bisa terhubung secara nirkabel ke perangkat apa pun yang mendukung Bluetooth 4.0. Ini berarti bahwa selain bisa digunakan dengan iPhone, AirPods juga dapat digunakan dengan perangkat Android

Mengingat bahwa AirPods kompatibel dengan perangkat Android, Anda mungkin ingin mencoba beberapa aplikasi berikut ini untuk memaksimalkan pengalaman Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengatur kontrol tombol, suara, sinkronisasi, dan masih banyak lagi.

1. AndroPods

AndroPods aplikasi android terbaik untuk airpods

AndroPods adalah aplikasi AirPods terbaik di Android. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengontrol fungsi AirPods dari perangkat Android Anda. Ini juga memberi Anda notifikasi tambahan seperti pesan teks dan panggilan telepon.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bagus termasuk pengontrol musik, kontrol volume, kotak masuk pesan teks, dan banyak lagi. Selain fitur standar pada Bluetooth, AndroPods juga memberikan fitur-fitur tambahan seperti rencana pembersihan otomatis dan rencana baterai otomatis. Fitur-fitur lainnya yaitu memutar musik hanya dengan menekan tombol, dan bisa mengetahui jarak antara AirPods ke ponsel.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tombol AirPods Anda sendiri. Anda dapat mengatur setiap ketukan untuk memainkan lagu berikutnya, putar balik, opsi jeda musik, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga mendukung fungsi suara Apple Siri dan smart control. Jadi, Anda dapat melakukan semua hal yang biasanya Anda lakukan dengan tombol nirkabel di AirPods atau tombol nirkabel pada headset Bluetooth.

Untuk menggunakan aplikasi AndroPods, pastikan perangkat Android Anda sudah support OTG (On The Go). Biasanya, smartphone dengan versi Android 4.1 ke atas bisa menjalankan aplikasi ini. Selain itu, Anda juga perlu menyambungkan AirPods ke HP melalui adaptor OTG.

2. AirBattery

AirBattery aplikasi android terbaik untuk airpods

AirBattery adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengontrol AirPods di smartphone Android. AirBattery memungkinkan Anda melihat tingkat baterai AirPods Anda di status bar atau di bagian atas layar ponsel. Aplikasi ini juga memberikan informasi mengenai kecepatan masing-masing AirPod, seperti kecepatan transfer dan laju pengisian daya. Anda juga bisa melacak suara serta melihat apakah masing-masing AirPod menghadap ke dalam atau ke luar telinga.

Aplikasi AirBattery ini dapat membuat AirPods Anda terhubung dengan perangkat Android. Aplikasi ini telah mendukung semua perangkat AirPods termasuk AirPods, AirPods Pro dan AirPods Max. Selain menyediakan informasi baterai, aplikasi ini juga menawarkan fitur penyesuaian audio. Fitur-fitur lainnya termasuk pengaturan balans kanan dan kiri untuk kedua driver dan mikrofon.

Perlu dicatat bahwa aplikasi ini dapat berfungsi di beberapa perangkat Android, tetapi tidak di semua perangkat Android. Dalam beberapa kasus, Anda harus mengaktifkan fungsi Bluetooth Developer Mode untuk memastikan aplikasi ini berfungsi tanpa hambatan.

Aplikasi ini juga memiliki fitur kunci ponsel dengan AirPods, yang memungkinkan pengguna untuk mengunci dan membuka perangkat Android mereka dengan mudah dengan menekan tombol samping AirPods selama beberapa detik.

3. PodAir

PodAir aplikasi android terbaik untuk airpods

Aplikasi PodAir dapat digunakan untuk mengontrol AirPods melalui smartphone Android. Aplikasi ini memiliki seperangkat fitur yang berguna yang akan membantu Anda mengatur dan menyesuaikan penggunaan AirPods. Aplikasi ini gratis untuk digunakan dan dapat didownload di Playstore.

PodAir adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna Android untuk menggunakan fungsi pemutar media, mikrofon, dan kontrol tombol Pause-Play atau Volume Up-Down secara otomatis saat mereka menggunakan AirPods dengan smartphone mereka.

Aplikasi PodAir juga memungkinkan Anda untuk mengatur fungsi tap-to-talk, menyesuaikan volume setiap bud, dan melihat status AirPod (searching, empty, dan full), dan masih banyak lagi.

4. Assistant Trigger

Assistant Trigger aplikasi android terbaik untuk airpods

Assistant Trigger adalah aplikasi yang akan memungkinkan Anda mengaktifkan Google Assistant dengan mudah. Cukup dengan menggunakan tombol samping AirPods Anda, Anda dapat beralih ke Google Assistant dan mengucapkan perintah yang ingin Anda lakukan.

Anda dapat mengaturnya untuk meluncurkan aplikasi pemutar musik Anda, seperti Spotify, atau bahkan beralih antara dua aplikasi seperti musik dan podcast.

Assistant Trigger mungkin tidak memiliki banyak fitur seperti konfigurasi tombol atau penyesuaian suara, tetapi itulah yang membuatnya begitu mudah digunakan. Aplikasi ini bekerja dengan baik tanpa konfigurasi apa pun, dan itu cukup bagus jika Anda ingin menggunakan AirPods untuk Google Assistant.

5. AirBuds Popup Free

AirBuds Popup airpod battery

AirBuds Popup Free for AirPods adalah aplikasi gratis yang memungkinkan Anda mengelola AirPod melalui HP Android. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi ANda pengguna AirPods atau TWS lainnya. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengetahui apakah AirPods sudah terhubung dengan Android atau tidak.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur yang bernama “Shake to Activate”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan, putar musik dan menjawab panggilan telepon dari AirPods hanya dengan menggoyangkan HP Android.

AirBud Popup Free memiliki fitur yang sama dengan AirBuds Pro Pop Up, yakni menampilkan ikon AirPods di notifikasi dan menampilkan popup ketika earbud terhubung. Selain itu, AirBud Popup Free juga memiliki fitur-fitur lainnya seperti tampilan default warna biru dan hijau, bisa mengatur volume dengan tombol volume, mematikan popup saat notifikasi datang, dan lain-lain.

AirBuds Popup Free juga mudah digunakan oleh pengguna di berbagai perangkat Android. Anda hanya perlu menginstal aplikasi tersebut dan mulai mengatur pengaturannya untuk membuat pengalaman penggunaan AirPods Anda lebih baik.

6. EarBuddy

Aplikasi EarBuddy merupakan aplikasi pengelola AirPods yang dirancang khusus untuk pengguna Android. Aplikasi ini selalu diperbarui dengan fitur baru dan mendukung AirPods generasi pertama dan kedua. Fitur utamanya adalah kemampuan untuk memeriksa status baterai AirPods, charging case, dan perangkat yang terhubung ke AirPods.

Anda juga dapat melihat status baterai dan memonitor baterai AirPods secara real time. Aplikasi ini sangat praktis untuk digunakan ketika Anda menyambungkan perangkat ke perangkat lain.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat memutar musik di YouTube dan Spotify, membaca pesan dari kontak WhatsApp, serta menjawab panggilan telepon dengan cara menekan tombol di AirPods. Tidak hanya itu saja, dengan EarBuddy Anda juga bisa mendengarkan berita dan weather report dari Google Assistant, Alexa, dan mengatur volume musik.

7. Podroid

Podroid adalah aplikasi yang paling populer dan komprehensif di antara semua aplikasi lainnya di daftar ini. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur utama dan berbagai fungsi tambahan untuk membuat pengalaman mendengarkan musik dengan AirPods lebih baik.

Podroid akan membantu Anda mengontrol AirPods di ponsel Android Anda. Dengan Podroid, Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Menghidupkan dan mematikan AirPods langsung dari ponsel Android.
  • Mengatur volume AirPods secara mandiri di ponsel Anda.
  • Menggunakan fitur “Find My AirPods” untuk menemukan AirPods Anda saat hilang.
  • Melihat kapasitas baterai kedua earbud masing-masing dari ponsel Anda

8. Boompods Equalizer

Boompods Equalizer adalah aplikasi equalizer untuk AirPods yang wajib dimiliki oleh pengguna AirPods di Android. Aplikasi ini menawarkan fitur seperti equalizer, bass booster, reverb dan lainnya yang bisa Anda gunakan untuk mengubah suara dari AirPods sesuai selera.

Cukup terhubungkan AirPods ke telepon dan aktifkan sambungan Bluetooth. Saat itu, aplikasi ini secara otomatis mengenali headset Apple Anda. Setelah koneksi berhasil, mulailah putar musik dan atur equalizer sesuai keinginan Anda dengan mudah.

Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana. Saat Anda menghubungkan AirPods, aplikasi akan secara otomatis mengenali dan mengatur equalizer sesuai preset yang telah ditentukan.

Leave a Comment