Antivirus Terbaik Untuk Windows 10

Untuk mempercepat Windows 10 agar performanya tetap stabil kita perlu menjaganya agar selalu bersih dari virus, dan salah satu cara yang sangat efektif adalah dengan menginstall antivirus terbaik.

Seperti yang Anda tahu, hampir seluruh masalah serius pada komputer bisa terjadi karena ada virus yang menginfeksi sistem. Kinerja komputer yang tiba-tiba menjadi berat, bunyi kipas yang terdengar sangat kencang, bahkan komputer menjadi hang dan blue screen bisa terjadi akibat ulah virus.

Lebih dari itu, virus juga bisa merusak file-file yang tersimpan di dalam komputer kita, beberapa virus diprogram untuk menginfeksi format tertentu dan membuatnya menjadi korup. Jika file yang korup tersebut adalah file penting untuk pekerjaan kita tentu saja akan menjadi petaka yang bikin pusing.

Bagaimana untuk mencegahnya?

Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menginstall aplikasi antivirus. Ada banyak sekali antivirus untuk Windows 10 yang bisa Anda pakai, pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan beberapa rekomendasi antivirus terbaik yang bisa Anda pilih.

1. Windows Security (Windows Defender)

1 antivirus terbaik windows 10

Windows 10 hadir dengan program bawaan yang berperan untuk menjaga keamanan sistem secara keseluruhan, program tersebut bernama Windows Security (dulu namanya Windows Defender).

Windows Security merupakan antivirus yang cukup handal untuk menjaga sistem tetap bersih dari virus. Anda bisa menggunakan program ini untuk memastikan komputer yang digunakan tidak terkena virus, yang penting Anda selalu melakukan update secara berkala agar database yang ada tetap update dengan jenis virus-virus baru yang bermunculan.

Cara menggunakan Windows Security untuk melindungi komputer dari virus:

1. Update Windows

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan update. Hal ini bertujuan agar Windows Security memiliki database virus terbaru untuk melindungi komputer Anda.

Lakukan update seperti biasa dengan cara masuk ke Settings > Update & Security > Check for update.

Tunggu hingga proses update selesai, setelah itu restart dulu komputer Anda.

2. Aktifkan Real-time protection

Fitur ini berfungsi untuk melindungi komputer secara real-time, terutama saat kita sedang berselancar di internet.

Sebagai contoh saat Anda mengunduh sebuah program yang mengandung virus dari internet maka fitur ini akan mendeteksinya secara otomatis dan memberikan Anda peringatan. Selanjutnya Anda bisa menghapus program tersebut.

Untuk mengaktifkan Real-time protection bisa dilakukan dengan cara masuk ke Settings > Updates & Security > Windows Security > Virus & threat protection settings > Manage settings > aktifkan opsi Real-time protection dan semua opsi yang ada di bawahnya.

2 antivirus terbaik windows 10

3. Aktifkan App dan browser control

Untuk memastikan file yang Anda download dari internet bersih dari virus maka fitur app dan browser control ini harus diaktifkan. Fitur ini berfungsi untuk melakukan pengecekan pada setiap file yang kita dapatkan dari internet, apabila di dalamnya terdapat kode berbahaya maka kita akan mendapatkan peringatan untuk tidak menginstallnya ke dalam sistem.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya sangat mudah:

  1. Masuk ke settingan Windows Security dengan cara seperti di atas
  2. Pilih App & browser control
  3. Centang opsi Warn pada pilihan Check apps and files, SmartScreen for Microsoft Edge dan SmartScreen for MIcrosoft Store apps
3 antivirus terbaik windows 10

4. Pastikan semua indikator pada Windows Security bertanda centang hijau

Tips terakhir untuk menjadikan Windows Security sebagai antivirus terbaik di Windows 10 adalah memastikan semua fitur aktif dan update. Caranya adalah dengan memastikan setiap fitur memiliki tanda centang hijau, itu artinya fitur tersebut bekerja dengan normal tanpa masalah. Bila terdapat masalah maka biasanya Anda akan mendapatkan notifikasi, segera lakukan perbaikan bila mendapatkan notifikasi seperti itu.

4 antivirus terbaik windows 10

Kelebihan Windows Security:

  • Gratis
  • Bekerja sangat optimal pada sistem operasi Windows
  • Tidak memberatkan sistem
  • Tidak memunculkan notifikasi yang mengganggu seperti antivirus lainnya
  • Mendapatkan maintain langsung dari Microsoft

Kekurangan:

  • Sering terjadi false positive, yakni mendeteksi program yang bukan virus sebagai virus. Sering terjadi bagi Anda yang hobi menggunakan software crack.
  • Kontrol terbatas.

Baca juga: Cara menghapus virus dengan CMD

2. Bitdefender

antivirus terbaik windows 10 bitdefender

Jika Anda merasa perlu membentengi komputer Anda dengan antivirus tambahan selain Windows Security maka pilihan terbaiknya adalah menggunakan Bitdefender.

Bitdefender merupakan salah satu antivirus terbaik untuk Windows 10 yang cocok untuk digunakan setiap pengguna. Antivirus ini memiliki deteksi score yang cukup baik dan cukup ringan saat melakukan scanning.

Beberapa fiturnya juga akan sangat berguna untuk memudahkan pekerjaan Anda, di antaranya seperti fitur unlimited password manager, Wi-Fi scanner, dan secure browser untuk browsing dengan aman di internet.

Bitdefender juga sangat mudah digunakan, setelah diinstall program ini akan berada di tray icon dan Anda bisa mengaksesnya dari sana untuk melakukan scanning pada drive atau mengubah pengaturan.

Kelebihan:

  • Ringan
  • Tersedia versi gratis
  • Tampilan UI mudah digunakan

Kekurangan:

  • Tidak ada opsi untuk kostumasi
  • Tidak ada fitur schedule quick scan

Download Bitdefender di sini: https://www.bitdefender.com/solutions/free.html

3. Avast Free Antivirus

antivirus terbaik windows 10 avast

Antivirus terbaik untuk Windows 10 yang selanjutnya adalah Avast. Tidak banyak antivirus yang memberikan hampir semua fiturnya secara gratis seperti Avast.

Seperti yang Anda tau, kebanyakan antivirus yang ada saat ini adalah software berbayar. Meskipun menyediakan versi free tapi ada banyak sekali keterbatasan yang akan Anda rasakan.

Dengan menggunakan Avast Anda bisa mendapatkan fitur yang lengkap namun tidak perlu merogoh kocek untuk membeli versi premiumnya karena versi free dari Avast sudah cukup untuk melindungi komputer kita agar tetap aman dari virus.

Dibandingkan dengan antivirus gratis lainnya, Avast menawarkan lebih banyak fitur seperti password manager, Wi-Fi network scanner, dan VPN services. Kita juga dengan leluasa melakukan modifikasi pada tampilan interface yang ada pada aplikasi.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Fitur lebih lengkap dibandingkan antivirus gratisan lainnya
  • Lebih leluasa melakukan kostumasi fungsi dan tampilan interface
  • Ada fitur VPN gratis

Kekurangan:

  • Proses scanning lebih lama
  • Memakan resource yang lumayan banyak
  • Notifikasi untuk melakukan upgrade ke versi berbayar yang sering muncul dan cukup mengganggu

Download Avast di sini: https://www.avast.com/

4. Kaspersky

antivirus terbaik windows 10 kaspersky

Aplikasi antivirus terbaik untuk Windows 10 yang selanjutnya adalah Kaspersky.

Mungkin Anda mengenal antivirus yang satu ini sebagai antivirus berbayar dengan harga yang terbilag cukup mahal, tapi tahukah Anda kalau Kaspersky juga menyediakan versi antivirus free yang bisa Anda install secara gratis.

Kaspersky Free Antivirus memiliki tampilan UI yang mudah digunakan namun memiliki fitur kostumasi yang lengkap. Saat menjalankan scanning, aplikasi ini juga tidak memakan resource terlalu banyak sehingga cukup ringan digunakan pada setiap komputer.

Pada versi gratis ini Anda akan mendapatkan fitur perlindungan dari malaware dan antivirus serta Kaspersky security cloud.

Kelebihan:

  • Perlindungan dari virus dan malware yang cukup solid
  • Ringan
  • Proses scanning cepat

Kekurangan:

  • Extra fitur banyak yang tidak bisa digunakan pada versi gratis

Download Kaspersky di sini: https://usa.kaspersky.com/free-antivirus

5. AVG Antivirus Free

antivirus terbaik windows 10 AVG

AVG merupakan salah satu antivirus dengan kemampuan untuk mendeteksi malware yang sangat baik, membuatnya masuk ke dalam daftar antivirus terbaik untuk Windows 10 yang patut Anda coba.

Saat melakukan scanning, AVG juga hanya memakan sedikit resource sehingga tidak membuat komputer menjadi berat, bahkan Anda tidak akan merasakan perubahan yang signifikan terhadap performa saat antivirus sini sedang bekerja.

Fitur-fitur yang ditawarkan pada versi gratisnya juga terbilang cukup lengkap, jika hanya untuk kebutuhan melindungi komputer dari malware dan virus maka AVG Free Antivirus rasanya sudah cukup.

Kelebihan:

  • Gratis
  • Pengguna dapat melakukan kostumasi
  • Tidak memberatkan sistem

Kekurangan:

  • Notifikasi untuk upgrade ke versi berbayar yang mengganggu

Download AVG di sini: https://www.avg.com/en-us/free-antivirus-download

Leave a Comment