3 Solusi Agar Windows 10 Tidak Update Otomatis Terus Menerus

Proses update Windows 10 bisa saja berjalan tiba-tiba saat kita sedang fokus bekerja, yang mana akan sangat mengganggu karena koneksi internet jadi lambat dan performa komputer juga menurun.

Bahkan bila spesifikasi komputer kita tidak memadai, proses update bisa membuat lag karena resource yang dipakai cukup banyak, apalagi jika kita sedang melakukan pekerjaan berat seperti editing video.

Untuk mengatasi agar Windows 10 tidak selalu melakukan update secara otomatis terus menerus pada saat kita sedang aktif bekerja maka kita harus melakukan penjadwalan update pada waktu di mana komputer tidak sedang dipakai untuk bekerja.

Pada postingan sebelumnya Winpreso sudah berikan tips bagaimana cara mematikan update Windows 10, tapi sebaiknya Anda melakukan hal ini bila memang diperlukan saja karena walau bagaimanapun update itu tetap diperlukan untuk menjaga sistem tetap sehat dan up to date.

Sebagai gantinya Anda bisa mengatur kapan proses update seharusnya berjalan, simak tipsnya berikut ini.

1. Mengatur active hours

Agar Windows tidak melakukan update otomatis saat kita sedang bekerja maka kita bisa mengatur jam aktif (active hours) sesuai kebutuhan.

Active hours adalah waktu dimana komputer sedang digunakan untuk bekerja, jika kita sudah mengaturnya maka proses update tidak akan berjalan dalam rentang waktu tersebut.

Sebagai contoh, misalkan Anda aktif bekerja menggunakan komputer dari jam 7 pagi hingga jam 9 malam, maka atur Active hours pada jam tersebut. Nanti proses update hanya akan berjalan pada saat komputer menyala diluar rentang waktu active hours yang sudah ditentukan.

Dengan cara ini kita bisa mencegah update Windows 10 berjalan terus menerus secara otomatis pada saat kita sedang bekerja, sehingga kita bisa lebih tenang dalam bekerja tanpa adanya gangguan.

Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings, caranya klik pada tombol Start > klik tombol Settings (icon gear)
  2. Klik menu Update & Security
  3. Klik pada menu Chage active hours
  4. Klik tombol menjadi Off pada bagian Automatically adjust active hours for this device based on activity
  5. Klik tombol Chage pada Current active hours
  6. Tentukan rentang waktu active hours
  7. Klik Save
1 agar windows 10 tidak update otomatis terus menerus

Setelah melakukan pengaturan active hours Anda bisa melanjutkan pekerjaan tanpa khawatir adanya gangguan. Jika ingin melakukan update pada rentang waktu tersebut maka Anda bisa melakukannya secara manual dengan cara masuk ke Settings > Update & Security > tekan tombol Check for updates. Proses update akan langsung berjalan seperti biasa.

2. Pause updates

Untuk mencegah agar Windows 10 tidak update otomatis terus kita juga bisa menghentikannya sementara menggunakan fitur pause.

Rentang waktu maksimal yang diperbolehkan adalah selama 35 hari. Jadi jika Anda tidak ingin ada gangguan dari proses update otomatis maka bisa pause dulu selama 35 hari ke depan.

Pause berbeda dengan active hours, jika kita pause update maka selama rentang waktu yang ditentukan proses update otomatis tidak akan berjalan sama sekali. Sedangkan pada active hours proses update tetap berjalan secara otomatis diluar jam yang sudah ditentukan.

Silakan Anda pilih metode mana yang paling disukai. Cara pause update Windows 10 sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Settings
  2. Klik menu Update & Security
  3. Klik menu Advanced options
  4. Perhatikan pada bagian Pause updates, pada opsi Pause until pilih tanggal yang paling bawah (35 hari)
2 agar windows 10 tidak update otomatis terus menerus

Khusus untuk feature update, kita bisa pause hingga 365 hari. Update ini merupakan jenis update yang biasanya memakan banyak kuota, Anda bisa menghentikannya selama satu tahun.

Caranya:

  1. Masuk ke Settings
  2. Klik menu Update & Security
  3. Klik menu Advanced options
  4. Perhatikan pada bagian Choose when updates are installed, pada opsi A feature update includes… pilih rentang waktu selama 365 hari
3 agar windows 10 tidak update otomatis terus menerus

3. Set koneksi menjadi metered connection

Cara agar Windows 10 tidak update otomatis terus menerus saat sedang digunakan untuk bekerja adalah dengan melabeli koneksi sebagai metered connection.

Fitur ini berfungsi untuk mencegah auto update dan membatasi penggunaan data pada aplikasi Windows lainnya, sehingga secara keseluruhan bisa menghemat penggunaan kuota internet dan mempercepat Windows 10.

Koneksi yang sudah dilabeli sebagai metered connection (koneksi terbatas) akan membuat Windows menghentikan proses download dan install update secara otomatis.

Caranya sebagai berikut:

  1. Klik tombol Start
  2. Klik tombol Settings (icon gear)
  3. PIlih Network & Internet
  4. Pada panel sebelah kiri, pilih koneksi yang saat ini Anda gunakan
    4 agar windows 10 tidak update otomatis terus menerus
  5. Pada panel sebelah kanan, klik pada koneksi yang aktif
  6. Perhatikan pada bagian Metered connection, klik tombol Set metered connection hingga berubah menjadi On
5 agar windows 10 tidak update otomatis terus menerus

Setelah melakukan pengaturan koneksi sebagai metered connection Anda bisa melanjutkan pekerjaan seperti biasa, tidak perlu melakukan restart.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Windows 10 tidak update otomatis terus menerus ketika kita sedang bekerja. Semoga membantu.

Leave a Comment