10+ Aplikasi Android untuk Anak TKJ

Sebagai anak jurusan TKJ (teknik komputer dan jaringan) pastinya Anda selalu berurusan dengan jaringan, mulai dari melakukan pengaturan perangkat jaringan, hingga melakukan monitoring dan perawatan.

Untuk memudahkan aktivitas mengelola jaringan, terdapat beberapa aplikasi jaringan yang sangat membantu. Tidak harus menggunakan PC, aplikasi berikut ini dapat membantu Anda melakukan tugas-tugas tersebut melalui smartphone Android.

1. Network Analyzer

Network Analyzer aplikasi android untuk anak tkj

Network Analyzer menampilkan informasi yang berhubungan dengan jaringan pada perangkat seluler Anda. Aplikasi ini merupakan sumber informasi yang sangat berguna untuk anak jurusan TKJ, para operator, analis, dan admin jaringan.

Fitur-fitur aplikasi Network Analyzer:

  • Ping – Memungkinkan Anda untuk mengirim ping ke alamat IP atau nama domain.
  • DNS Lookup – Memungkinkan Anda untuk melihat hasil DNS lookup untuk nama domain tertentu.
  • WHOIS – Mencari informasi WHOIS untuk alamat IP atau nama domain tertentu.
  • GeoIP Lookup – Melihat lokasi geografis dari alamat IP atau nama domain tertentu.
  • Port Scan – Scan port TCP dan UDP terbuka pada mesin tujuan

Aplikasi Android Network Analyzer ini dapat menampilkan informasi aktifitas jaringan pada perangkat Android. Informasi yang bisa anda dapatkan adalah:

  • Mengetahui waktu aktifitas jaringan terakhir kali diakses.
  • Mengetahui alamat Ip yang sedang diakses.
  • Mengetahui identitas perangkat yang sedang diakses.

Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat berguna yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua host di jaringan mereka secara real time dan bahkan melihat apa yang sedang mereka kirimkan ke internet atau menerima dari internet. Informasi ini berguna untuk perangkat lunak firewall atau untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada jaringan Anda.

2. Termius

Termius aplikasi android untuk anak tkj

Aplikasi untuk anak TKJ yang selanjutnya adalah Termius, yang merupakan sebuah aplikasi untuk manajemen server dengan SSH dan telnet. Aplikasi ini gratis dan dapat diperoleh di Google Playstore.

Jika Anda ingin mengakses pengaturan dan melakukan konfigurasi pada perangkat jaringan, misalnya router, server, switch, atau bahkan komputer, termasuk perangkat yang berjalan di mesin virtual seperti VirtualBox atau VMware, Anda bisa memanfaatkan SSH dari Android melalui aplikasi Termius.

Perlu dicatat bahwa aplikasi Termius bukanlah aplikasi SSH Client biasa. Ia terintegrasi dengan beberapa layanan cloud yang memungkinkan Anda untuk terhubung ke server yang telah Anda tambahkan pada layanan cloud tersebut.

3. Nagios Mobile

Nagios Mobile aplikasi android untuk anak tkj

Nagios Mobile adalah aplikasi Android yang digunakan untuk memonitor host dan service dari jaringan. Aplikasi ini digunakan untuk melihat status host dan servis dari setiap host yang terkoneksi dengan jaringan. Jika terjadi error dalam pemantauan, maka aplikasi ini akan memberikan notifikasi bahwa terjadi error dalam jaringan.

Nagios adalah salah satu software system dan network monitoring tool yang berfungsi untuk memonitoring kondisi server, jaringan, dan service. Nagios Mobile merupakan aplikasi android yang memiliki kemampuan untuk mengakses data secara real-time melalui nagios web server.

Nagios Mobile merupakan aplikasi yang dirancang untuk mengakses mengakses Nagios Core dan Nagios XI melalui perangkat mobile, sehingga memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi terkini dari seluruh server dan layanan yang dimonitor pada saat berada di luar jaringan kantor.

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk Nagios Core dan Nagion XI, tetapi juga dapat digunakan pada Android versi 1.5 ke atas, sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa khawatir dengan versi perangkat mobile yang dimiliki.

4. nMap for Android

nMap for Android aplikasi android untuk anak tkj

nMap for android adalah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk melakukan scanning network. Aplikasi ini dapat men-scan sistem operasi, aplikasi, dan layanan yang berjalan pada server. Aplikasi ini sangat cocok dimiliki oleh siswa jurusan TKJ.

Fitur baru dari nMap for Android adalah pemindaian Android berbasis web. Hal ini memungkinkan pemindaian jaringan komputer dalam lingkungan yang lebih aman. Anda juga dapat menggunakan cara lain untuk menggunakannya yaitu dengan menerapkan proxy android.

nMap for Android bukanlah alat hacking, meskipun aplikasi ini bisa sangat bermanfaat bagi para hacker. Untuk para pengguna biasa, aplikasi ini hanya akan berguna untuk mereka yang ingin tahu apa yang sedang berlangsung di jaringannya sendiri.

5. Fing – Network Tools

Fing Network Tools aplikasi android untuk anak tkj

Fing adalah aplikasi yang digunakan untuk memonitor jaringan. Anda dapat menggunakannya untuk mencari tahu siapa yang terhubung di jaringan WiFi Anda dan perangkat apa yang mereka gunakan. Anda juga dapat melihat informasi IP dan MAC address dari perangkat yang terhubung. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menguji kecepatan internet Anda.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, memperbaiki masalah koneksi, dan mengetahui banyak hal lain tentang jaringan Anda.

Sejauh ini Fing – Network Tools adalah salah satu aplikasi Android jaringan terbaik yang bisa Anda gunakan secara gratis. Fing telah dimodifikasi untuk bekerja dengan perangkat Android sehingga Anda dapat melihat informasi apa pun yang terhubung ke jaringan WiFi Anda.

6. PingTools Network Utilities

PingTools Network Utilities aplikasi android untuk anak tkj

Aplikasi PingTools Network Utilities adalah aplikasi yang fungsinya untuk memantau jaringan, aplikasi ini bisa digunakan untuk memantau jaringan internet baik itu di rumah, kantor, dan di sekolah, maupun di kampus.

PingTools Network Utilities memiliki fitur yang lengkap di antaranya seperti ping, traceroute, lookup DNS dan whois, melihat tabel ARP, scanner port TCP, tester up-time server HTTP, dan tester kecepatan jaringan. Semua layanan ini dikelompokkan dalam menu yang terpisah dan dapat dijalankan dengan satu sentuhan. Anda bisa menyimpan semua hasil pencarian dalam daftar atau diakses secara langsung dari grafik yang telah disediakan.

PingTools Network Utilities adalah alat yang sangat berguna untuk anak teknik komputer dan jaringan atau TKJ. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melihat daftar perangkat jaringan yang tersedia dan mendapatkan informasi tentang mereka serta tidak hanya itu saja, namun anda juga dapat melihat alamat IP dan MAC dari setiap perangkat tersebut.

7. IP Tools: WiFi Analyzer

IP Tools WiFi Analyzer aplikasi android untuk anak tkj

IP Tools: WiFi Analyzer adalah aplikasi yang sangat cocok untuk jurusan TKJ, para pekerja IT atau Anda yang sedang mengurusi jaringan nirkabel.

Aplikasi ini dapat melihat informasi lengkap tentang semua perangkat yang terhubung dengan koneksi nirkabel Anda dan memberikan pemantauan real-time dari setiap perangkat, menampilkan seluruh lalu lintas data.

Dengan IP Tools Anda bisa melakukan analisis dari sinyal WiFi Anda, memeriksa kualitas lalu lintas data dan meningkatkan stres pada jaringan. Anda juga dapat menggunakannya untuk menguji kecepatan koneksi Anda dan memastikan bahwa tidak ada kesalahan pada pengaturan router Anda.

Aplikasi ini mendeteksi semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda dan menampilkan data penting: nama perangkat, alamat MAC, vendor, jenis, daftar SSID (jika ada), signal strength, frekuensi (untuk perangkat 5 GHz), kecepatan dan informasi tambahan.

IP Tools menyediakan berbagai fungsi analisis seperti scan ping, traceroute dan port scanner. Fungsi-fungsi ini sangat berguna untuk menganalisis masalah dan melakukan pemeliharaan jaringan. Selain itu IP Tools menawarkan banyak fungsi lainnya seperti “Whois”, “DNS Lookup”, “GeoIP Lookup” untuk melihat lokasi di peta dari alamat IP yang diberikan.

8. IP Tools: Network Utilities

Aplikasi android ipTools: Network Utilities merupakan aplikasi pengelola jaringan wifi maupun mobile data yang dapat membantu Anda dalam mencari informasi tentang IP, WiFi, maupun DNS. Aplikasi ini juga menyediakan ping, port scanner, traceroute, dan banyak fitur lainnya.

Aplikasi ini juga mampu untuk memeriksa keamanan jaringan wifi Anda dan memberikan saran serta peralatan untuk mendeteksi serta menghapus virus dan malware lainnya yang berpotensi merusak ponsel Android Anda.

IP Tools: Network Utilities dapat diunduh secara gratis di Play Store dan menjadi salah satu aplikasi yang populer untuk keperluan jaringan wifi ataupun mobile data.

9. Network Monitor Mini Pro

Network Monitor Mini Pro adalah aplikasi android yang bisa digunakan untuk memonitoring jaringan pada smartphone. Jadi, Anda bisa tahu apa saja kegiatan internet yang dilakukan di smartphone, termasuk data apa saja yang masuk atau keluar dari perangkat.

Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melihat Download Speed, Upload Speed, Ping, IP Address dan juga Signal Strength. Anda dapat mendapatkan informasi mengenai kecepatan unduh dan unggah saat ini, statistik kinerja jaringan, dan informasi jaringan terperinci (SSID, Alamat MAC, Alamat IP, Alamat Server DNS).

Fitur:

  • Kontrol jaringan aktif
  • Info koneksi saat ini (download-upload, ping, jaringan SSID dll)
  • Statistik penggunaan bandwidth total dan per aplikasi
  • Statistik jaringan seperti IP yang diberikan oleh DHCP Server
  • Statistik paket berdasarkan protokol (TCP / UDP / ICMP)
  • Kecepatan transfer rata-rata selama sesi aktif
  • Indikator widget kecil dan besar

10. Network Master

Aplikasi Android Network Master adalah aplikasi yang mengukur kualitas jaringan, kecepatan jaringan, dan tingkat keamanan Wi-Fi. Aplikasi ini menampilkan grafis pada layar, menganalisis dan memperbaiki semua masalah pada koneksi internet Anda. 

Network Master memiliki beberapa fitur yang sangat bermanfaat seperti melakukan tes ping, menganalisis kinerja jaringan, mempercepat kecepatan internet, dan mengontrol jaringan. Aplikasi ini didukung oleh Cloud Security dari Cheetah Mobile. Anda dapat memeriksa peranti dan jaringan internet Anda melalui aplikasi ini.

Aplikasi ini juga akan memudahkan Anda untuk mendeteksi semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi, memeriksa kecepatan jaringan ketika sedang download atau streaming video, dengan kata lain aplikasi ini dapat membantu Anda mengontrol koneksi internet Anda.

11. PortKnocker

PortKnocker adalah aplikasi Android multifungsi yang cocok untuk jurusan TKJ, terutama untuk melakukan manajemen dan uji keamanan pada jaringan. Aplikasi ini dapat menjalankan nMap dan mengirimkan hasilnya ke email. Aplikasi PortKnocker dirancang untuk menjadi alat uji penetrasi dalam menguji keamanan jaringan.

Aplikasi ini memiliki kemampuan untuk mengirimkan paket TCP atau UDP ke host dengan port tertentu dan bahkan mengirimkan String ke port tertentu. Pada saat pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan meminta ip, username server, password server, port, dan email address kepada pengguna.

Setelah melakukan konfigurasi pengguna bisa memilih tombol start untuk membuka nMap. Jika pengguna memilih tombol scan and send to email maka hasil nMap akan dikirimkan ke email pengguna.

Leave a Comment